Thariqah Baca al-Qur’an Yanbu’a Metode Komunikatif sebagai Media Belajar Membaca al-Qur’an di TPA AMABA Jebres Tengah, Jebres, Surakarta

Yisa, Rif’an (2016) Thariqah Baca al-Qur’an Yanbu’a Metode Komunikatif sebagai Media Belajar Membaca al-Qur’an di TPA AMABA Jebres Tengah, Jebres, Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (381Kb) | Preview

    Abstract

    Kegiatan yang bernama “Thariqah Baca al-Qur’an Yanbu’a Metode Komunikatif sebagai Media Belajar Membaca al-Qur’an di TPA AMABA Jebres Tengah, Jebres, Surakarta” merupakan upaya pengajaran cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, sesuai cara artikulasinya dan kaidah ilmu tajwid kepada anak-anak yang sedang belajar membaca al-Qur’an pada tingkat dasar di TPA AMABA Jebres Tengah, Jebres, Surakarta. Tenaga pengajarnya merupakan sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang dinilai mahir untuk mengajar tentang cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Program ini dilaksanakan 3 bulan. Bulan pertama untuk persiapan, bulan kedua dan ketiga untuk proses pengajaran. Materi berupa buku panduan yang bernama “Thariqah Baca, Tulis dan Menghafal al-Qur’an Yanbu’a”yang terdiri dari tujuh jilid. Setiap jilid mempunyai tingkat kedalaman materi yang berbeda. Buku ini merupakan karangan dari para pengasuh pondok pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus, yang merupakan para putra dari KH. Arwani Kudus, yang terkenal sebagai ulama’ ahli al-Qur’an dan kharismatik. Sedangkan metode pengajarannya bersifat komunikatif, yaitu dengan menggunakan beberapa permainan menarik yang bertujuan untuk menguatkan hafalan materi yang disampaikan. Selain itu, Pembelajaran dibuat lebih menyenangkan dengan menyisipkan ice breaking di tengah-tengahnya dan di akhir pertemuan akan diadakan rekreasi untuk menyegarkan pikiran para santri supaya tidak terlalu tertekan.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Arab
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 11 Jun 2016 14:19
    Last Modified: 11 Jun 2016 14:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26942

    Actions (login required)

    View Item