PELATIHAN PEMBUATAN TASTIK LIP CRAFT DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN SEBAGAI LIFE SKILL PADA IBU-IBU PKK DI KELURAHAN PURWODININGRATAN SURAKARTA

Maria Wijaya, Arlita (2016) PELATIHAN PEMBUATAN TASTIK LIP CRAFT DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN SEBAGAI LIFE SKILL PADA IBU-IBU PKK DI KELURAHAN PURWODININGRATAN SURAKARTA. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (899Kb) | Preview

    Abstract

    Pada saat ini terdapat banyak industri percetakan di berbagai daerah, bahkan di berbagai tempat terutama di lingkungan-lingkungan sekolah, ataupun di lingkungan kampus, karena meningkatnya kebutuhan masyarakat pada jasa percetakan. Hal ini juga menyebabkan meningkatnya limbah yang dihasilkan. Salah satunya adalah limbah plastik OPP. Pemanfaatan limbah plastik OPP merupakan upaya menekan pembuangan sisa-sisa produksi percetakan. Salah satu tindakan pemanfaatan tersebut dalam wujud pembuatan tas cantik. Tas merupakan barang yang seringkali dimanfaatkan oleh seorang wanita untuk memberikan nilai tambah bagi penampilannya. Nilai kebaruan (trendi) dalam desain tas sangat dibutuhkan disamping teknik dan kerapian penampilan. Berdasarkan kondisi tersebut tim PKM-M merencanakan melakukan pelatihan pembuatan Tastik Lip Craft dengan sasaran ibu-ibu PKK di Kelurahan Purwodiningratan Surakarta. Tujuan jangka panjang pemanfaatan limbah plastik OPP ini adalah memberikan nilai guna pada Lip (limbah OPP) dengan muatan nilai ekonomis. Pemanfaatan limbah plastik OPP juga dapat mengurangi polusi akibat pembakaran limbah plastik yang tidak dapat didaur ulang dan semakin banyak setiap harinya. Target khusus keterampilan Tastik Lip Craftdapat dimanfaatkan oleh peserta sebagai dasar penciptaan tas untuk wanita. Peserta juga dapat mengembangkan desain-desain tas baru dengan material limbah plastik OPP sehingga dapat membuka peluang usaha baru bagi ibu-ibu PKK Purwodiningratan. Metode yang dipakai dalam pelatihan ini adalah ceramah, diskusi, praktikum, dan evaluasi. Diakhir pelatihan dilakukan pendampingan pemasaran, untuk mempermudah pelaksanaannya, para peserta diberi buku panduan dalam melaksanakan pembuatan produk Tastik Lip Craft. Keberlanjutan pelatihan ini, bahwa tim PKM-M akan melakukan monitoring setelah pelatihan selesai. Untuk memantau perkembangan desain produk dan pemasarannya.

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Kriya Seni
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 11 Jun 2016 14:12
    Last Modified: 11 Jun 2016 14:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26940

    Actions (login required)

    View Item