PELATIHAN “MBAHKU PITIK” (LIMBAH KULIT SAPI TEKNIK BATIK) UNTUK SOUVENIR PERNIKAHAN DENGAN PENDAMPINGAN PEMASARANBAGI PEREMPUAN DAN ANAK PINGGIRAN DI YAYASAN SEROJA JEBRES SURAKAR

Ermawati , Selfia (2016) PELATIHAN “MBAHKU PITIK” (LIMBAH KULIT SAPI TEKNIK BATIK) UNTUK SOUVENIR PERNIKAHAN DENGAN PENDAMPINGAN PEMASARANBAGI PEREMPUAN DAN ANAK PINGGIRAN DI YAYASAN SEROJA JEBRES SURAKAR. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1915Kb) | Preview

    Abstract

    Pemanfaatan limbah kulit sapi mentah (perkamen) untuk sebuah souvenir belum banyak dilakukan.Padahal bila diolah dan digarap dengan usaha kreatifitas dengan teknik yang khas,maka akan dapat dihasilkan souvenir yang unik dan layak dijual. Souvenir pernikahan saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan dalam sebuah penyelenggaraan pesta pernikahan.Banyak diantaranya yang memakai souvenir pernikahan yang berkarakter unik dan etnik.Hanya saja agak sulit dijumpai tempat penjualan yang menjual souvenir pernikahan yang berkarakter unik dan etnik.Dengan memanfaatkan limbah kulit sapi setengan masak (perkamen) yang dipadu dengan teknik batik maka akan dapat diwujudkan souvenir tersebut. Berdasarkan kondisi tersebut Tim PKM-M UNS akan melakukan sebuah tutorial atau pelatihan ”Mbahku Pitik” (Limbah Kulit Sapi Teknik Batik) untuk souvenir pernikahan,sasaran pelatihan ini adalah perempuan dan anak pinggirandi yayasan Seroja Jebres Surakarta. Didalam melakukan tugas-tugas disini yayasan seroja kekurangn tenaga tutorial,maka diharapkan pelatihan “Mbahku Pitik” ini dapat berguna diyayasan Seroja dalam memecahkan permasalahan tenaga tutorial sekaligus memberikan tambahan life skill yang dapat dijadikan alternatife dalam berwirausaha bagi para peserta pelatihan (perempuan dan anak-anak pinggiran). Dalam pelatihan “mbahku pitik” ini diharapkan para peserta dapat mengembangkan desain baru. Berapa metode yang diterapkan(ceramah,diskusi,praktek,danevaluasi) diharapkan dapat mewujudkan pelatihan yang efektif dan efisien. Keberlanjutan dari pelatihan ini tim PKM-M masih melakukan pendampingan dalam produksinya maupun pemasarannya.

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Kriya Seni
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 11 Jun 2016 14:10
    Last Modified: 11 Jun 2016 14:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26939

    Actions (login required)

    View Item