GARUDA (GAME ANDROID BUDAYA NUSANTARA) UNTUK MENINGKATKAN POPULARITAS KEBUDAYAAN DI INDONESIA

Ardyanti, Renzy (2016) GARUDA (GAME ANDROID BUDAYA NUSANTARA) UNTUK MENINGKATKAN POPULARITAS KEBUDAYAAN DI INDONESIA. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2012Kb) | Preview

    Abstract

    Wilayah Indonesia dipisahkan oleh samudera, selat, dan lautan, yang mengakibatkan keberagaman etnik/ suku bangsa yang memiliki adat dan kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Berdasarkan sensus BPS Tahun 2010, terdapat sekitar 300 etnik atau 1.340 suku bangsa yang berkembang di Indonesia. Masing-masing suku bangsa memiliki adat dan budaya yang mewarnai negeri ini. Keunikan budaya yang dimiliki Indonesia, telah diakui dalam kancah Internasional. Budaya dan adat yang diwariskan oleh nenek moyang merupakan harta karun kedua yang harus dilestarikan. Namun, di era masa kini akibat pengaruh globalisasi, banyak generasi muda yang kurang mengenal akan nilai-nilai sakral dan luhur dari budaya warisan ini. hal ini tentu tidak boleh dibiarkan, kita tidak ingin generasi setelah kita hanya dapat mendengarkan cerita mengenai budaya dan tidak pernah merasakan keseruannya. Oleh karena itu, kami ingin membuat game kebudayaan berbasis android yang bahwasanya android merupakan operasi sistem yang berkembang sangat pesat dan populer di dunia. Game yang kami buat ini berupa kuis dan didalam kuis tersebut terdapat banyak level yang tiap levelnya pabila menang akan mendapatkan poin yang selenjutnya akan masuk ke level berikutnya, apabila tidak bisa menyelesaikan pada level tersebut maka kan langsung kalah. Pada permainan ini tentunya banyak karakter dari berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia. Karakter yang kami buat menggunakan software tentunya, anatara lain : coreldraw, adobe flash. Menurut penulis dan perancang permainan Jane McGonigal, lebih dari setengah miliar orang bermain komputer dan video game selama setidaknya satu jam setiap hari, hampir 100 persen dari anak laki-laki dan 94 persen anak perempuan di bawah usia 18 secara teratur bermain video game. Adanya game GARUDA ini diharapkan mampu mempopulerkan kebudayaan di Indonesia yang dapat bersaing dengan game-game lain. Kata Kunci : GARUDA, kebudayaan, android, Indonesia

    Item Type: Other
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Interior
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 11 Jun 2016 13:52
    Last Modified: 11 Jun 2016 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26935

    Actions (login required)

    View Item