PENGOPTIMALAN KLB2D (Kearifan Lokal Berbasis Bahasa Daerah) MELALUI PENERAPAN PRINSIP KESETARAAN BAHASA (KAJIAN KONSERVASI WUJUD MAKNA FAKTORIS ORISINALITAS BAHASA DAERAH (X. Batasan Sampel : Bahasa Jawa)

Gun Gunawan, Gun (2016) PENGOPTIMALAN KLB2D (Kearifan Lokal Berbasis Bahasa Daerah) MELALUI PENERAPAN PRINSIP KESETARAAN BAHASA (KAJIAN KONSERVASI WUJUD MAKNA FAKTORIS ORISINALITAS BAHASA DAERAH (X. Batasan Sampel : Bahasa Jawa). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Di zaman modern seperti ini, orang Indonesia mengenal 3 bahasa, yaitu bahasa asing, bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Penggunaan bahasa asing (khususnya bahasa inggris) sangat dibutuhkan, jadi tak sedikit orang tua yang memperkenalkan bahasa asing kepada anak-anaknya dari usia dini. Para orang tua lebih mementingkan anaknya fasih dalam bahasa asing daripada bahasa daerah, karena banyak yang menganggap bahasa daerah sudah ketinggalan jaman. Menurut Hermadi (2010), bahasa Jawa merupakan bahasa yang digunakan sebagai bahasa pergaulan sehari-hari di daerah Jawa, khususnya Jawa Tengah. Hal ini tidak mengherankan karena kejayaan kehidupan keraton di masa lampau banyak terdapat di daerah Jawa Tengah dibanding di daerah Jawa yang lain. Dengan demikian, bahasa Jawa merupakan bahasa asli masyarakat Jawa di Indonesia, khususnya di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan daerah di sekitarnya.Usaha pelestarian bahasa Jawa dewasa ini telah diupayakan lewat lembaga pendidikan, baik yang bersifat informal, formal, maupun non formal, meskipun hasilnya belum optimal. Lingkungan keluarga (sebagai lembaga informal), lingkungan sekitar (lingkungan non-formal), maupun Sekolah (lembaga formal) sangat berperan dalam pembentukan karakter anak, khususnya penanaman nilai-nilai budaya dan bahasa Jawa. Lingkungan tempat tinggal dan Pendidikan Pra-sekolah, seperti; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), dan pendidikan dasar sangat menentukan pembentukan kepribadian dan karakter anak. Segala hal yang berhubungan dengan bahasa daerah ((X. Batasan Sampel : Bahasa Jawa) , bahasa Indonesia dan bahasa asing spesifikasi bahasa inggris) harus disamakan kedudukannya dari segala segi yang telah dipaparkan pada tabel 1.2. yang meliputi kedudukan jam pembelajaran, kelengkapan sumber referensi, dll. Apabila semua aspek yang ada pada tabel 1.2. sudah disamakan atau disetarakan maka akan tercipta KLB2B yang optimal dan akan muncul dan bersinar makna faktoris orisinalitas bahasa daerah (X. Batasan Sampel : Bahasa Jawa).Penerapan prinsip kesetaraan bahasa, merupakan sebuah opsi yang bisa ditawarkan untuk menangani masalah kepunahan bahasa daerah. Penerapan prinsip ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan kepunahan bahasa daerah yang selama ini menjadi sisi negatif dari globalisasi.Apabila diterapkan prinsip kesetaraan bahasa ternyata sangat berpengaruh terhadap kedudukan bahasa daerah (X. Batasan Sampel : Bahasa Jawa) dan hasilnya kedudukan bahasa daerah (X. Batasan Sampel : Bahasa Jawa) dapat setara dengan bahasa Indonesia dan bahasa asing dan prinsip kesetaraan bahasa ternyata terbukti dapat dijadikan sebagai salah satu cara mutakhir untuk mempertahankan bahasa daerah (X. Batasan Sampel : Bahasa Jawa).Indonesia adalah Negara yang majemuk, berbagai suku, ras, budaya, adat, agama dan bahasa, ada di dalamnya. Bahasa, adalah salah satunya yang menjadikan negeri kita ini semakin beragam. Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah di Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia kita wajib menjaga dan melestarikan bahasa – bahasa daerah, misalnya dengan menggunakan bahasa jawa di lingkungan rumah, agar bahasa Jawa tidak terlupakan. Sedangkan implementasi oleh pemerintah adalah mendukung dan mewujudkan semua aspek yang telah dipaparkan pada tabel 1.2.(Keadaan bahasa daerah (X. Batasan Sampel : Bahasa Jawa) sebelum adanya penerapan prinsip kesetaraan bahasa.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Arab
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 10 Jun 2016 21:06
    Last Modified: 10 Jun 2016 21:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26883

    Actions (login required)

    View Item