“GRAPHYCS” CALLIGRAPHY CLOTHES: USAHA KREATIF BATIK BERMOTIF KALIGRAFI ARAB DAN TRADITIONAL KHAS JAWA SEBAGAI WUJUD AKULTURASI BUDAYA DI KOTA SURAKARTA

Darmawan Nasution, Dedy (2016) “GRAPHYCS” CALLIGRAPHY CLOTHES: USAHA KREATIF BATIK BERMOTIF KALIGRAFI ARAB DAN TRADITIONAL KHAS JAWA SEBAGAI WUJUD AKULTURASI BUDAYA DI KOTA SURAKARTA. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1942Kb) | Preview

    Abstract

    Kota Surakarta atau yang akrab dipanggil dengan kota Solo, merupakan kota yang kaya akan budaya. Produk-produk budaya khas Indonesia yang berasal dari kota Solo juga telah tersebar ke kota-kota lain. Salah satu produk budaya yang paling digemari oleh masyarakat adalah batik. Batik telah menjadi ikon khas kota Solo bahkan negara kita, Indonesia. Selain produk budaya, kota Solo juga terdiri dari ragam suku masyarakat, dari pribumi sampai asing. Hal tersebut telah terbentuk dari zaman sebelum kemerdekaan Indonesia. Suku Arab adalah salah satu ras masyarakat yang mewarnai kebudayaan di kota Solo. Keberadaan suku Arab tersebut telah mewarnai produk budaya hingga kultur masyarakat sehingga terdapat akulturasi budaya. Beranjak dari hal tersebut masyarakat Islam di kota Solo banyak yang terkena pengaruh budaya mereka terutama yang berhubungan dengan agama maupun Arab itu sendiri. “Graphycs” (Challigraphy Chlotes) Usaha Kreatif Batik Bermotif Kaligrafi Arab dan Traditional Khas Jawa sebagai Wujud Akulturasi Budaya di Kota Surakarta, akan menjadi ladang usaha dan ikon baru dari kota Solo. Seseorang dapat mencintai budaya orang lain tanpa harus meninggalkan budaya milik sendiri. Kaligrafi Arab yang digunakan bukan dari Ayat Al-Qur’an dan Hadist tetapi Mahfudhat yaitu kata-kata motivasi. Salah satu contoh Mahfudhat yang digunakan adalah seperti /mawaddatush-shadiq tazharu waqtash-shadiq/ yang berarti “ketulusan teman itu, akan tampak pada waktu kesempitan”.

    Item Type: Other
    Subjects: N Fine Arts > NE Print media
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Arab
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 10 Jun 2016 20:59
    Last Modified: 10 Jun 2016 20:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26881

    Actions (login required)

    View Item