SUNTINGAN TEKS SENDA MINAKA DALAM KITAB BERKODE MM.05 MILIK K.H. MU’IN MAULA KOLEKSI BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN AGAMA SEMARANG

Choirunnisak, Rizqi (2016) SUNTINGAN TEKS SENDA MINAKA DALAM KITAB BERKODE MM.05 MILIK K.H. MU’IN MAULA KOLEKSI BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN AGAMA SEMARANG. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (232Kb) | Preview

    Abstract

    Kajian terhadap naskah-naskah kuno sangat penting untuk dilakukan. Hal ini sebagai wujud usaha dalam pelestarian dan penyelamatan naskah-naskah tersebut. Naskah yang dimaksud di sini adalah tulisan tangan yang menyimpan berbagai ungkapan pikiran dan perasaan sebagai hasil budaya bangsa masa lampau sebagaimana kata Darusuprapta. Naskah kuno mengandung informasi-informasi penting di masa lampau. Hal tersebut bisa digunakan sebagai perbandingan dengan keilmuan saat ini, juga untuk menguak seluk-beluk suatu hal. Namun, upaya penyelamatan naskah-naskah ini masih menemui banyak kendala, seperti masalah jangkauan, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya aset tersebut, dan masih banyak yang lainnya.Objek penelitian ini adalah Naskah kode MM.05 dan Z.05. Naskah kode MM.05 dan Z.05 merupakan salah satu bentuk naskah kuno di Indonesia yang ditemukan di Sampang, Madura. Keduanya merupakan hasil inventarisasi dan digitalisasasi yang dilakukan oleh Balitbang Agama Semarang di mana MM.05 adalah koleksi pribadi K.H. Mu’in Maula dan Z.05 koleksi K.H. Zarkasi. Dua naskah tersebut mengandung 1 (satu) bab yang sama yakni do’a “Senda Minaka”. Isi keduanya adalah sama yaitu tentang sebuah susunan do’a yang diamalkan sehari-hari yang mempunyai banyak faedah dan manfaat. Do’a ini merupakan do’a pembuka pintu surga dan penutup pintu neraka. Perbedaan pada kedua teks tersebut adalah keterangan yang menjelaskan seluk-beluk do’a Senda tersebut. Naskah MM.05 mengandung informasi yang lebih lengkap dan jelas daripada teks yang terkandung dalam naskah Z.05. Adanya dua naskah ini mengharuskan penggunaan metode landasan atau disebut juga metode induk dalam pengkajiannya.Metode ini diterapkan jika ada satu atau segolongan naskah yang unggul kualitasnya. Hasil penelitian ini antara lain suntingan teks sebagaimana dalam cara kerja penelitian filologi. Suntingan teks ini mencakup deskripsi naskah, transliterasi dan terjemah teks, dan aparat kritik. Karya ini sebenarnya memiliki tujuan memahamkan masayarakat pentingnya penelitian naskah kuno, menyajikan suntingan teks dalam salah satu naskah kuno berkode MM.05, dan memahami isi dari teks kuno tersebut tentang do’a “Senda Minaka”. Kata kunci: naskah kuno, Madura, transliterasi, terjemah.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Arab
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 10 Jun 2016 20:54
    Last Modified: 10 Jun 2016 20:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26879

    Actions (login required)

    View Item