PELATIHAN PEMBUATAN KULDOM ACCESSORIES CRAFT DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN SEBAGAI LIFE SKILL PADA ANAK ANAK JALANAN DI BALAI REHABILITAS SOSIAL ANAK JALANAN “KARTINI” TAWANGMANGU

Mandalena Marpaung, Maria (2016) PELATIHAN PEMBUATAN KULDOM ACCESSORIES CRAFT DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN SEBAGAI LIFE SKILL PADA ANAK ANAK JALANAN DI BALAI REHABILITAS SOSIAL ANAK JALANAN “KARTINI” TAWANGMANGU. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2244Kb) | Preview

    Abstract

    Akhir-akhir ini banyak industri kerajinan karena semakin bertambahnya tingkat konsumsi masyarakat terhadap produk. Hal ini juga menyebabkan bertambah pula banyaknya limbah yang dihasilkan. Salah satunya adalah limbah kulit domba. Pemanfaatan limbah kulit domba masak dari industri kerajinan kulit di Magetan-Jawa Timur merupakan upaya menekan pembuangan sisa-sisa produksi (industri maupun domestik). Salah satu tindakan pemanfaatan tersebut dalam wujud pembuatan aksesoris wanita. Aksesoris merupakan barang yang seringkali selalu dimanfaatkan oleh seorang wanita untuk memberikan nilai tambah bagi penampilannya. Nilai kebaruan (trendi) dalam desain aksesoris sangat dibutuhkan disamping teknik dan kerapian penampilan. Berdasarkan kondisi tersebut tim PKM-M merencanakan melakukan pelatihan pembuatan Kuldom Accessories Craft dengan sasaran Balai Rehabilitasi Sosial Anak Jalanan “Kartini” Tawangmangu. Tujuan jangka panjang pemanfaatan limbah kulit domba masak ini adalah memberikan nilai guna pada limbah kuldom (kulit domba) masak dengan muatan nilai ekonomis. Pemanfaatan limbah kulit domba masak juga dapat mengurangi polusi akibat pembakaran limbah kulit domba masak. Target khusus keterampilan Kuldom Accessories Craft dapat dimanfaatkan oleh peserta sebagai dasar penciptaan-penciptaan accessories untuk wanita. Peserta juga dapat mengembangkan desain-desain baru untuk accessories dengan material kulit domba masak sehingga membuka peluang usaha. Metode tutorial, praktek konsultasi dan evaluasi diharapkan dapat dicapai keberhasilan program PKM-M ini. Setelah pelatihan ini tim masih terus melakukan pendampingan baik dalam produksi maupun dalam pemasarannya.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Kriya Seni
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 10 Jun 2016 20:49
    Last Modified: 10 Jun 2016 20:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26877

    Actions (login required)

    View Item