ANALISIS ANTRIAN PADA SISTEM PELAYANAN TELLER DI BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) KANTOR CABANG SURAKARTA

Anggoro, Faisal (2016) ANALISIS ANTRIAN PADA SISTEM PELAYANAN TELLER DI BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) KANTOR CABANG SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (531Kb) | Preview

    Abstract

    Faisal Anggoro, 2016.ANALISIS ANTRIAN PADA SISTEM PELAYANAN TELLER DI BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) KANTOR CABANG SURAKARTA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret. Antrian adalah masalah yang sering dijumpai pada pelayanan pelanggan di teller bank. Pada pelayanan teller Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Surakarta terdapat dua teller yang aktif untuk melayani pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan model antrian pelayanan teller di BTN. Selain itu, kinerja utama sistem antrian yang berkaitan dengan aktivitas teller dan antrian pelanggan dihitung. Analisis data meliputi pengecekan ukuran kesetimbangan (steady-state) dan uji kecocokan distribusi pada data waktu antar kedatangan dan lama waktu pelayanan pelanggan. Model antrian pada sistem pelayanan teller di BTN adalah (M/M/2) : (FIFO/∞/∞) dengan nilai peluang teller tidak sedang melayani pelanggan adalah 0,24 yang artinya 24% dari seluruh waktu pelayanan kosong, rata-rata terdapat 3 pelanggan dalam sistem meliputi 1 pelanggan dalam antrian dan 2 pelanggan dilayani, waktu menunggu yang akan dihabiskan oleh setiap pelanggan dalam sistem adalah 6,6 menit, dan dalam antrian adalah 3 menit. Kata Kunci : Sistem Antrian, Teller, BTN Kantor Cabang Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 09 Jun 2016 20:46
    Last Modified: 09 Jun 2016 20:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26848

    Actions (login required)

    View Item