ALAT BUKTI YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBUKTIAN DAKWAAN TINDAK PIDANA DENGAN SENGAJA MEMBUJUK ANAK MELAKUKAN PERSETUBUHAN DENGANNYA BERIMPLIKASI TUNTUTAN PIDANA DIPENUHI (Studi Putusan Pengadilan Negeri Unaaha Nomor: 78/Pid.B/2013/PN.Unh)

Wiguna , Thomas Adi (2016) ALAT BUKTI YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBUKTIAN DAKWAAN TINDAK PIDANA DENGAN SENGAJA MEMBUJUK ANAK MELAKUKAN PERSETUBUHAN DENGANNYA BERIMPLIKASI TUNTUTAN PIDANA DIPENUHI (Studi Putusan Pengadilan Negeri Unaaha Nomor: 78/Pid.B/2013/PN.Unh). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (429Kb) | Preview

    Abstract

    Thomas Adi Wiguna. E0012378. 2016. ALAT BUKTI YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBUKTIAN DAKWAAN TINDAK PIDANA DENGAN SENGAJA MEMBUJUK ANAK MELAKUKAN PERSETUBUHAN DENGANNYA BERIMPLIKASI TUNTUTAN PIDANA DIPENUHI (Studi Putusan Nomor: 78/Pid.B/2013/PN.Unh) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian dalam penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat-alat bukti dalam proses pembuktian tindak pidana dengan sengaja membujuk anak melakukan persetubuhan dengannya sebagai dasar pertimbangan Hakim dalam memutus perkara dalam Putusan Nomor: 78/Pid.B/2013/PN.Unh. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif, bersifat preskriptif dan terapan dengan pendekatan kasus. Teknik pengumpulan bahan hukum yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Bahan hukum tersebut diperoleh dari peraturan perundang-undangan, putusan-putusan Hakim, buku-buku, jurnal-jurnal hukum yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Metode analisis dalam penelitian ini adalah deduktif / deduksi silogisme, bahan hukum yang telah terkumpul dianalisis dengan pendekatan kasus kemudian menarik kesimpulan dari hal yang bersifat umum terhadap permasalahan yang dihadapi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapat kesimpulan bahwa alat-alat bukti yang digunakan dalam pembuktian tindak pidana dengan sengaja membujuk anak melakukan persetubuhan dengannya sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 184 ayat (1) KUHAP. Proses pembuktian dalam Putusan Nomor: 78/Pid.B/2013/PN.Unh telah memberikan keyakinan bagi Hakim bahwa terdakwalah yang telah melakukan tindak pidana tersebut dan penjatuhan pidana terhadap terdakwa telah sesuai dengan Pasal 183 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Kata Kunci: Alat Bukti, Pembuktian, Tindak Pidana Persetubuhan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 04 Jun 2016 13:00
    Last Modified: 04 Jun 2016 13:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26829

    Actions (login required)

    View Item