PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH TERHADAP DERAJAT DESENTRALISASI FISKAL (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota Di Pulau Jawa Tahun 2013)

Arumsari, Dian (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH TERHADAP DERAJAT DESENTRALISASI FISKAL (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota Di Pulau Jawa Tahun 2013). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1126Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik pemerintah daerah terhadap derajat desentralisasi fiskal pemerintah kabupaten/kota di Pulau Jawa tahun 2013. Karakteristik pemerintah daerah dalam penelitian ini direpresentasikan dengan ukuran daerah, belanja daerah, jumlah SKPD, Umur daerah dan status daerah. Obyek penelitian adalah pemerintah kabupaten/kota di Pulau Jawa tahun 2013. Teknik penentuan sampling adalah purposive sampling, anggota populasi yang memenuhi kriteria digunakan sebagai sampel. Sampel seluruhnya diambil dari 111 pemerintah kabupaten/kota di Pulau Jawa tahun 2013. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan semua variabel independen berpengaruh terhadap derajat desentralisasi fiskal. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa ukuran daerah, belanja daerah dan status daerah secara signifikan berpengaruh positif terhadap derajat desentralisasi fiskal hal ini menunjukan semakin besar ukuran daerah dan belanja daerah maka akan semakin tinggi presentase derajat desentralisasi fiskal. Sementara jumlah SKPD dan umur daerah tidak berpengaruh terhadap derajat desentralisasi fiskal. Kata kunci: derajat desentralisasi fiskal, ukuran daerah, belanja daerah, jumlah SKPD, umur daerah dan status daerah

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 03 Jun 2016 21:31
    Last Modified: 03 Jun 2016 21:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26817

    Actions (login required)

    View Item