INVESTIGASI ATAS IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD DALAM MENGEVALUASI DAN MENGEMBANGKAN CHARACTER BUILDING PROGRAM DI INTERNATIONAL PROGRAM, UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Tiara Novitasari, Budi (2016) INVESTIGASI ATAS IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD DALAM MENGEVALUASI DAN MENGEMBANGKAN CHARACTER BUILDING PROGRAM DI INTERNATIONAL PROGRAM, UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (287Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi balanced scorecard dalam mengevaluasi dan mengembangkan character building program di International Program, Universitas Islam Indonesia. Pendidikan karakter menuntut institusi yang mengadakan untuk selalu merevisi kurikulumnya berdasarkan perkembangan dan pencapaian mahasiswanya. Oleh karena itu, sebuah system evaluasi yang menyeluruh mutlak dibutuhkan untuk mendukung proses pengembangannya. Teori developmental stage dipergunakan di dalam penelitian ini sebagai basis untuk menganalisa proses pengemabangan CBP UII. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di International Program, Universitas Islam Indonesia dengan menggunakan observasi langsung, observasi partisipatoris dan wawancara untuk mendapatkan datanya. Berdasarkan pada temuan penelitian, 4 perspektif balanced scorecard telah diimplementasikan untuk mengevaluasi dan mengembangkan urutan character building program di International Program, UII. Meskipun demikian, temuan lanjutan menunjukkan bahwa belum seluruh staff terkait memahami proses evaluasi ini dengan baik dan indicator kesuksesan kinerja belum masih perlu ditingkatkan. Selain itu, masih terdapat perbedaan pendapat atas peta strategi yang diterapkan antara manager character building program dan direktur IP UII. Temuan lebih lanjut mengindikasikan bahwa peta strategi masih dalam proses penentuan sehingga beberapa pihak masih memiliki pendapat yang berbeda. Hasil dari evaluasi selanjutnya akan dipergunakan untuk dasar dalam mengembangkan program dengan cara mengidentifikasi apa yang telah dipelajari oleh mahasiswa dan apa yang perlu dikembangkan untuk memberikan pembelajaran level selanjutnya. Hasil temuan ini sesuai dengan konsep implementasi teori developmental stage. Kata kunci: pendidikan karakter, balanced scorecard, evaluasi, pengembangan, teori developmental stage

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 03 Jun 2016 21:19
    Last Modified: 03 Jun 2016 21:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26814

    Actions (login required)

    View Item