Sumbangan Power Otot Tungkai, Keseimbangan, Koordinasi dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Poomsae Taekwondo (Studi Korelasional Prestasi Poomsae Altet Taekwondoin di Surakarta)

Amarseto, Binuko (2016) Sumbangan Power Otot Tungkai, Keseimbangan, Koordinasi dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Poomsae Taekwondo (Studi Korelasional Prestasi Poomsae Altet Taekwondoin di Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (30Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Binuko Amarseto. A121308003. 2016. “Sumbangan Power Otot Tungkai, Keseimbangan, Koordinasi dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Poomsae Taekwondo (Studi Korelasional Prestasi Poomsae Altet Taekwondoin di Surakarta)”. TESIS. Program Studi Ilmu Keolahragaan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing: Prof. Dr. Sugiyanto (Pembimbing I), dan Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd. (Pembimbing II). Prestasi Poomsae Taekwondo tidak hanya dicapai dengan hanya mengandalkan faktor ketrampilan teknik, tetapi juga haruslah memperhatikan faktor kondisi fisik dan psikis. Kondisi fisik baik berupa power otot tungkai, keseimbangan, dan koordinasi akan menentukan gerakan dalam setiap teknik Poomsae Taekwondo. Selain itu penilaian prestasi Poomsae Taekwondo terdapat penilaian lainnya yang berupa presentasi daripada ekspresi yang mencerminkan kepercayaan diri seorang atlet. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebenaran tentang sumbangan power otot tungkai, keseimbangan, koordinasi dan kepercayaan diri terhadap prestasi Poomsae Taekwondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah atlet usia 13-15 tahun pada dojang se-Surakarta, jumlah sampel yang didapatkan berjumlah 40 responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 4 variabel independent yaitu power otot tungkai, keseimbangan, koordinasi dan kepercayaan diri dan 1 variabel dependent yaitu prestasi Poomsae Taekwondo. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi regresi dengan melakukan pengujian prasyarat uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi masingmasing prediktor dan analisis regresi ganda serta korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa power otot tungkai, keseimbangan, koordinasi dan kepercayaan diri berhubungan baik secara parsial dan secara simultan membentuk persamaan regresi. Dimana setiap power otot tungkai meningkat maka akan mengakibatkan peningkatan prestasi Poomsae Taekwondo sebesar 0,018, setiap peningkatan keseimbangan akan mengakibatkan peningkatan prestasi Poomsae Taekwondo sebesar 0,027, setiap peningkatan koordinasi akan mengakibatkan peningkatan prestasi Poomsae Taekwondo sebesar 0,042, setiap peningkatan kepercayaan diri akan mengakibatkan peningkatan prestasi Poomsae Taekwondo sebesar 0,054. Kesimpulan dari penelitian ini adalah power otot tungkai, keseimbangan, koordinasi dan kepercayaan diri berhubungan dan memiliki sumbangan baik secara parsial maupaun simultan terhadap prestasi Poomsae Taekwondo. Kata kunci : Kondisi fisik, Psikologis, Prestasi Poomsae Taekwondo.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QM Human anatomy
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 03 Jun 2016 21:12
    Last Modified: 03 Jun 2016 21:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26812

    Actions (login required)

    View Item