Implementasi Peraturan Daerah Kota Gorontalo Nomor 22 Tahun 2005 Tentang Wajib Baca Tulis Al-Quran Bagi Siswa Yang Beragama Islam Kota Gorontalo

Zakaria, Aziz (2016) Implementasi Peraturan Daerah Kota Gorontalo Nomor 22 Tahun 2005 Tentang Wajib Baca Tulis Al-Quran Bagi Siswa Yang Beragama Islam Kota Gorontalo. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (491Kb) | Preview

    Abstract

    Aziz Zakaria, S.311005006 “Implementasi Peraturan Daerah Kota Gorontalo Nomor 22 Tahun 2005 Tentang Wajib Baca Tulis Al-Quran Bagi Siswa Yang Beragama Islam Kota Gorontalo” Tesis: Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Penerapan kewajiban baca tulis Al-Qur’an melalui peraturan daerah telah menjadi populer di tiap daerah kabupaten/kota. Apalagi di daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Kemerosotan moral serta perilaku-perilaku menyimpang menjadi salah satu alasan dibentuknya sebuah peraturan daerah. Diantara sekian daerah di Indonesia, Kota Gorontalo adalah daerah pertama di Provinsi Gorontalo yang menerapkan kewajiban baca tulis Al-Qur’an melalui peraturan daerah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Nomor 22 Tahun 2005 tentang Wajib Baca Tulis Al-Quran Bagi Siswa yang Beragama Islam. (2). Kendala apakah yang dihadapi oleh pemerintah Kota Gorontalo dalam menerapkan kebijakan wajib baca tulis Al-Quran bagi siswa yang beragama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi Peraturan Daerah Nomor 22 Tahun 2005 tentang Wajib Baca Tulis Al-Quran Bagi Siswa yang Beragama Islam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam Penerapan Perda Nomor 22 Tahun 2005 tentang Wajib Baca Tulis Al-Qur’an di Kota Gorontalo telah berjalan dengan baik sesuai dengan cita dan harapan masyarakat dan pemerintah Kota Gorontalo. Kendala yang dihadapi dalam penerapan perda Nomor 22 Tahun 2005 tentang Wajib Baca Tulis Al-Qur’an di Kota Gorontalo hamper tidak ada, ini berkat dukungan dari seluruh lapisan warga masyarakat khususnya orang tua dan guru. Kata Kunci : Implementasi, Baca Tulis Al-Qur’an, Pemerintahan yang baik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Hukum - S2
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 03 Jun 2016 21:07
    Last Modified: 03 Jun 2016 21:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26811

    Actions (login required)

    View Item