EFEKTIVITAS PROGRAM CAR FREE DAY DALAM MENURUNKAN EMISI UDARA DI JALAN BRIGJEN. SLAMET RIYADI DAN JALAN DIPONEGORO KOTA SURAKARTA

Dewangga, Aru (2016) EFEKTIVITAS PROGRAM CAR FREE DAY DALAM MENURUNKAN EMISI UDARA DI JALAN BRIGJEN. SLAMET RIYADI DAN JALAN DIPONEGORO KOTA SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (636Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak Pencemaran udara sudah menjadi masalah serius di berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Dampak dari pencemaran udara adalah turunnya kualitas udara, sehingga menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan bagi manusia. Kontributor pencemaran udara di Indonesia sebagian besar berasal dari sektor transportasi. Car Free Day adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi emisi udara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung jumlah asumsi emisi udara yang dihasilkan dari kegiatan di Jalan Brigjen. Slamet Riyadi dan Jalan Diponegoro Kota Surakarta pada saat Car Free Day dan Non Car Free Day, dan menganalisis efektivitas program Car Free Day dalam menurunkan emisi udara. Penelitian ini menggunakan metode inventarisasi emisi dengan pendekatan bottom - up. Sumber emisi yang diteliti adalah aktivitas street food vendor, non road machinery, dan parking. Parameter emisi yang diteliti adalah NOX, NMVOC, PM10, CO, CO2, SOX, dan TSP. Dari hasil perhitungan terhadap tingkat pencemaran udara memperlihatkan bahwa dari 7 parameter yang diujikan hanya terdapat 1 parameter yang berhasil diturunkan oleh program Car Free Day di Kota Surakarta, yakni parameter NMVOC sebesar 6% atau 20,262 Kg/Hari. Parameter lainnya justru mengalami peningkatan, emisi CO2 meningkat 1831,051 Kg/Hari, emisi CO meningkat 34,267 Kg/Hari, emisi NOX meningkat 1,653 Kg/Hari, emisi TSP meningkat 1,035 Kg/Hari, emisi PM10 meningkat 0,995 Kg/Hari, dan emisi SOX meningkat 0,018 Kg/Hari. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa program Car Free Day di Kota Surakarta tidak efektif dalam menurunkan emisi udara. Kata kunci: Car free day, inventarisasi emisi, pencemaran udara.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Lingkungan
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 03 Jun 2016 21:03
    Last Modified: 03 Jun 2016 21:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26810

    Actions (login required)

    View Item