PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016 (Sub Pokok Bahasan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berwawasan Lingkungan)

Whudian, Ari (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016 (Sub Pokok Bahasan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berwawasan Lingkungan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (853Kb) | Preview

    Abstract

    Ari Whudian. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E, Learning Cycle 5E, dan Ekspositori. 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan model pembelajaran Ekspositori. 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan model pembelajaran Ekspositori. 4) Mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada sub pokok bahasan "Pengelolaan Sumber Daya Alam berwawasan lingkungan" peserta didik kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental desain “Postest-Only Control Design”. Populasin penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPS 5, XI IPS 7 dan XI IPS 8. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian Satu Jalan (One Way Anava) dan uji pasca anava (Metode Scheffe’) dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E, Learning Cycle 5E, dan Ekspositori dengan perbandingan skor rerata 73,37 : 66,55 : 58,92 dan dibuktikan dari hasil uji one-way anava diperoleh Fobs > Fα (25,1686 > 3,07); (2) hasil belajar Geografi yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Ekspositori dengan perbandingan skor rerata 73,37 : 58,92; (3) hasil belajar Geografi yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Ekspositori dengan perbandingan rerata 66,55 : 58,92; (4) hasil belajar Geografi yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan perbandingan rerata 73,37 : 66,55. Ketiga model pembelajaran tersebut mempunyai kualitas yang berbeda, model pembelajaran yang memiliki pengaruh paling besar adalah model Learning Cycle 7E, disusul model Learning Cycle 5E, dan model Ekspositori. Kata kunci : Learning Cycle 7E, Learning Cycle 5E, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 03 Jun 2016 20:53
    Last Modified: 03 Jun 2016 20:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26807

    Actions (login required)

    View Item