MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI TENTANG SEBARAN BARANG TAMBANG DI INDONESIA MELALUI GABUNGAN MODELPEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN GROUP INVESTIGATION BAGI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN 2015

Rajasa, Ari (2016) MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI TENTANG SEBARAN BARANG TAMBANG DI INDONESIA MELALUI GABUNGAN MODELPEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN GROUP INVESTIGATION BAGI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3621Kb) | Preview

    Abstract

    Ari Rajasa, S881402004.“Meningkatkan Keaktivan dan Hasil Belajar Geografi tentang Sebaran Barang Tambang di Indonesia Melalui Gabungan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Group Investigation bagi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri8 Surakarta Tahun 2015”. TESIS. Pembimbing I : Dr. Sarwono, M. Pd., Pemimbing II : Prof. Dr. Sigit Santoso, M. Pd, Program Studi PKLH, Minat Utama Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2015. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk meningkatkan keaktivan belajar Geografi pada materi pokok sebaran barang tambang di Indonesia siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Surakarta menggunakan modelPiicture and Picture dikombinasikan dengan Group Investigation, 2) Untuk meningkatkan hasil belajar Geografi materi pokok sebaran barang tambang di Indonesia siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Surakarta menggunakan modelPicture and Picture dikombinasikan dengan Group Investigation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur penelitiannya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Alur tersebut disusun sehingga membentuk suatu siklus. Penelitian bersifat kolaboratif, yaitu dengan melibatkan teman sejawat yang bekerja sama mengidentifikasi masalah, penyusunan rencana, melaksanakan tindakan, mengobservasi dan merefleksi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentatif dan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk mengetahui data hasil tes siswa sebelumnya, tes untuk mengetahui hasil belajar pengetahuan siswa, observasi untuk mengetahui hasil belajar ranah sikap dan ketrampilan siswa dan angket untuk mengetahui keaktivan belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar dilihat dari aspek sikap dan ketrampilan yang diamati. Sikap spiritual siswa meningkat dari 55 % menjadi 83 %. Sikap sosial siswa juga meningkat dari 51 % menjadi 79%. Aspek ketrampilan juga mengalami peningkatan, dari 58 % menjadi 79 %. Pada aspek keaktivan belajar siswa juga meningkat secara akumulatif, dari 65 % menjadi 88,6 %. Kedua, pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari yang semula hanya 64,3% menjadi 92,9%. Ketiga, pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan keaktivan belajar Geografi siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 8 Surakarta pada materi pokok Sebaran Barang Tambang di Indonesia, dengan hasil akhir 88,6% siswa memiliki keaktivan belajar pada kategori tinggi sampai sangat tinggi. Kata kunci: keaktivan belajar, hasil belajar, model Picture and Picture, model Group Investigation.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 03 Jun 2016 20:50
    Last Modified: 03 Jun 2016 20:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26806

    Actions (login required)

    View Item