ENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI EKSISTENSI DIRI (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Untuk Eksistensi Diri pada Mahasiswa FISIP UNS Tahun Ajaran 2015/2016)

LEONARD PS, ALBOIN (2016) ENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI EKSISTENSI DIRI (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Untuk Eksistensi Diri pada Mahasiswa FISIP UNS Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1370Kb) | Preview

    Abstract

    ALBOIN LEONARD PS. D1213004. Penggunaan Media Sosial Sebagai Eksistensi Diri (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Untuk Eksistensi Diri pada Mahasiswa FISIP UNS Tahun Ajaran 2015/2016). Dibimbing oleh Mahfud Anshori. Skripsi. Surakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Dewasa ini media sosial banyak digunakan oleh pengguna bukan sekedar untuk sarana komunikasi, namun juga sebagai sarana eksistensi diri. Teori uses and gratification menjelaskan bawa seseorang memiliki motif tertentu dalam menggunakan media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif penggunaan media sosial sebagai sarana eksistensi diri pada mahasiswa FISIP UNS angkatan 2015. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan yakni pada bulan september hingga desember 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjabarkan penggunaan media sosial sebagai sarana eksistensi diri. Objek penelitian ini adalah mahasiswa FISIP UNS angkatan 2015 dari semua jurusan. Metode pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik in-depth interview terhadap informan yang telah dipilih dalam penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menjabarkan hasil wawancara yang telah dilakukan. Aspek-aspek yang diperhatikan dalam analisis data adalah motif penggunaan media sosial dari masing-masing informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari semua informan yang digunakan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa mereka sering mengupload foto-foto selfie dan juga check-in melalui path. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari eksistensi diri dalam menggunakan media sosial. Kata kunci : Media Sosial, Eksistensi, Uses and Gratification

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 03 Jun 2016 20:27
    Last Modified: 03 Jun 2016 20:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26799

    Actions (login required)

    View Item