PENGARUH AUDIT TENURE, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, KUALITAS AUDIT DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENERIMAAN OPINI GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MENGALAMI FINANCIAL DISTRESS (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011-2013)

Kusworo, Ajun (2016) PENGARUH AUDIT TENURE, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, KUALITAS AUDIT DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENERIMAAN OPINI GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MENGALAMI FINANCIAL DISTRESS (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011-2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1863Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh audit tenure, opini audit tahun sebelumnya, liquiditas dan profitabilitas terhadap penerimaan opini going concern pada perusahaan manufaktur yang mengalami financial distress. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2013. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling dengan total sample 86 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2013. Kondisi financial distress perusahaan diukur menggunakan metode prediksi kebangkrutan Altman Z-score. Penelitian ini menggunakan regresi logistik untuk menganalisa pengaruh variaabel independen terhadap variabel dependen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa opini audit tahun sebelumnya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penerimaan opini going concern. Disisi lain, variabel audit tenure, kualitas audit dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan opini going concern. Kata kunci: opini going concern, Altman Z-Score, audit client tenure, Opini Audit Tahun Sebelumnya, likuiditas, profitabilitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 03 Jun 2016 20:21
    Last Modified: 03 Jun 2016 20:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26797

    Actions (login required)

    View Item