PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP NIAT UNTUK KELUAR YANG DIMEDIASI OLEH KOMITMEN ORGANISASI DAN PERILAKU PENCARIAN KERJA SERTA DIMODERASI OLEH KETERIKATAN PADA PEKERJAAN (Studi pada Karyawan PT. PLN Area Surakarta)

SEPTYAN P, LUCAS (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP NIAT UNTUK KELUAR YANG DIMEDIASI OLEH KOMITMEN ORGANISASI DAN PERILAKU PENCARIAN KERJA SERTA DIMODERASI OLEH KETERIKATAN PADA PEKERJAAN (Studi pada Karyawan PT. PLN Area Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (192Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA NIAT UNTUK KELUAR YANG DIMEDIASI OLEH KOMITMEN ORGANISASI DAN PERILAKU PENCARIAN PEKERJAAN SERTA DIMODERASI OLEH KETERIKATAN PADA PEKERJAAN Oleh Lucas Septyan Putranto F1213041 Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional pada niat untuk keluar yang dimediasi oleh komitmen organsasi dan perilaku pencarian pekerjaan serta dimoderasi oleh keterikatan pada pekerjaan. Penelitian ini dilakukan di PT. PLN (Persero) Area Surakarta. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di PT. PLN (Persero) Area Surakarta yang berjumlah 260 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik convenience sample. Dan penelitian ini mengambil jumlah responden sebanyak 140 orang dengan menggunakan teknik Maximum Likehood Estimation.Analisis untuk menguji data dan hipotesis dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS 18. Hasil uji hipotesis (model struktural) ini adalah sebagai berikut : Pertama kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh signifikan negatif dengan perilaku pencarian pekerjaan yang dimediasi oleh komitmen organisasi. Kedua, komitmen organisasi berpengaruh signifikan negatif pada perilaku pencarian pekerjaan yang dimoderasi oleh keterikatan pekerjaan. Ketiga, komitmen organisasi berpengaruh signifikan negatif pada niat untuk keluar yang dimediasi oleh perilaku pencarian pekerjaan. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan dapat memberikan masukan bagi pihak PT. PLN Area Surakarta, hendaknya agar lebih memperhatikan faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap peningkatan turnover intention pada variabel anteseden yang diteliti (kepemimpinan transformasional), dan juga memperhatikan faktor-faktor yang tidak diteliti seperti kepuasan kerja, dan lain sebagainya, sehingga turnover intention dapat diminimalisir serta dapat meningkatkan kinerja karyawan demi tercapainya tujuan organisasi. Kata Kunci : kepemimpinan transformasional, komitmen organisasi, perilaku pencarian pekerjaan, keterikatan pada pekerjaan, niat untuk keluar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 03 Jun 2016 17:27
    Last Modified: 03 Jun 2016 17:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26775

    Actions (login required)

    View Item