PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IIS 5 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Anandita Widyaningrum, Kurnia (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IIS 5 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (319Kb) | Preview

    Abstract

    Kurnia Anandita Widyaningrum. K8412039. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IIS 5 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univesitas Sebelas Maret. Januari 2016. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan minat dan hasil belajar sosiologi peserta didik klas XI IIS 5 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model Coopertive Learning tipe Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah pesrta didik kelas XI IIS 5 SMA Negeri 2 Surakarta dengan jumlah 30 peserta didik. Teknik utama pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan test, sementara teknik pengumpulan data pendukung menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualititatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IIS 5 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Pada pra tindakan minat belajar peserta didik 20%, meningkat menjadi 46,67% pada siklus I, dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Pada pra tindakan hasil belajar peserta didik menunjukkan rata-rata 2,44, meningkat menjadi 2,83 pada siklus I, dan meningkat menjadi 3,21 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Learning tipe Team Game Tournament dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IIS 5 SMA Negeri 2 Surakarta. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Team Game Tournament (TGT), Minat belajar, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 03 Jun 2016 16:58
    Last Modified: 03 Jun 2016 16:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26766

    Actions (login required)

    View Item