Optimasi Multirespon Hambat Panas, Kekuatan Bending dan Densitas Komposit Berbahan Baku Ampas Tebu - Tepung Ketan Sebagai Bahan Papan Partikel Menggunakan Metode Taguchi dan PCR-TOPSIS

S, KURNIA ROCHMA (2016) Optimasi Multirespon Hambat Panas, Kekuatan Bending dan Densitas Komposit Berbahan Baku Ampas Tebu - Tepung Ketan Sebagai Bahan Papan Partikel Menggunakan Metode Taguchi dan PCR-TOPSIS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (143Kb) | Preview

    Abstract

    Bagasse berpotensi digunakan sebagai bahan penguat komposit karena sifatnya yang kuat dan ringan. Keuntungan menggunakan serat alam adalah biayanya rendah, memiliki sifat termal yang baik, penggunaan energi rendah dan ramah lingkungan karena bersifat biodegradable. Pada penelitian ini, komposit papan partikel dibuat dengan mencampurkan ampas tebu dengan perekat tepung ketan. Untuk menentukan kekuatan komposit, dilakukan uji hambat panas, uji bending, dan densitas. Digunakan kombinasi metode Taguchi dan PCR-TOPSIS untuk menyelesaikan persoalan multirespon. Design of Experiment (DOE) dirancang menggunakan metode Taguchi dan didapatkan Orthogonal Array L16 (45). Nilai dari variabel respon yang dihasilkan mewakili tiga respon dan akan diubah menjadi nilai PCR-TOPSIS. Nilai tersebut digunakan sebagai parameter untuk menentukan setting level optimal. Sebanyak 48 spesimen komposit dibuat untuk uji thermal conductivity yang mengacu pada standar ASTM E-1225, uji bending mengacu pada standar ASTM D 1037, dan uji densitas mengacu standar ASTM D-3800. Solusi optimal yang didapatkan berdasarkan kombinasi dua metode ini adalah presentase tepung ketan 12.5%, ukuran partikel mesh 40, kepadatan 6:4 dan perlakuan perendaman menggunakan borax 5%. Hasil dari komposit papan partikel yang dibuat memiliki nilai hambat panas sebesar 16,736 0C/W, nilai kekuatan bending 6,378 MPa, dan densitas 0,754 gram/cm3 sehingga memenuhi standard yang disyaratkan oleh ANSI A208.1-1999.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 03 Jun 2016 11:58
    Last Modified: 03 Jun 2016 11:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26749

    Actions (login required)

    View Item