PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA TENTANG PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 KUTOWINANGUN

, ISMISARI (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA TENTANG PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 KUTOWINANGUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (933Kb) | Preview

    Abstract

    Ismisari. S441408006 . 2016 . “Peningkatan Keterampilan Bercerita tentang Pengalaman Pribadi dengan MenggunakanMetode Sosiodrama Pada Siswa Kelas VIII ASMPNegeri 3 Kutowinangun”. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Pembimbing II: Prof. Sahid Teguh W., S.S., M.Hum., Ph.D. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Minat Utama Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan : (1) motivasi siswa dalam bercerita tentang pengalaman pribadi melalui penerapan metode sosiodrama, dan (2) keterampilan bercerita tentang pengalaman pribadi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kutowinagun melalui penerapan metode sosiodrama. Penelitian dilaksanakan pada Juli hingga Desember 2015 dan Januari 2016. Pendekatan penelitian ini penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kutowinangun di Kabupaten Kebumen. Sumber data adalah tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik validitas menggunakanteknik trianggulasi yaitu, trianggulasi sumber data dan metode pengumpulan data. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, interview, tes dan analisis dokumen. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Indikator ketercapaian sebesar 80%. Prosedur penelitian meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan penerapan metode pembelajaran sosiodrama mampu meningkatkan motivasi siswa dalam bercerita tentang pengalaman pribadi yang ditandai meningkatnya perhatian siswa, motivasi siswa, ulet menghadapi kesulitan, tidak cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin, ketepatan isi dan penunjukan detil cerita, ketepatan logika cerita, ketepatan makna keseluruhan cerita, ketepatan kata dan kalimat, dan kelancaran dan unggah-ungguh bahasa Jawa. Penelitian ini juga menunjukkan dengan menerapkan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam bercerita tentang pengalaman pribadi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kutowinangun. Hal ini dapat dilihat dari dari hasil tindakan yang dilakukan selama tiga siklus dengan nilai KKM bercerita tentang pengalaman pribadi ≥ 75. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar pada tahap siklus I mencapai 50% dengan nilai rata-rata 69, pada siklus II mencapai 68,75% dengan nilai rata-rata 70, pada siklus III mencapai 81,25% dengan nilai rata-rata 83. Selain itu juga adanya peningkatan kinerja guru yaitu pada siklus I mencapai 75%, pada siklus II mencapai 88%, pada siklus III mencapai 95%. Peningkatan keterampilan bercerita tentang pengalaman pribadi ditandai dengan meningkatnya rata-rata dan ketuntasan belajar. Adapun nilai rata-rata siswa saat siklus I mencapai 50% dengan nilai rata-rata 70, pada siklus II mencapai 68,75% dengan nilai rata-rata 74, pada siklus III mencapai 90,63% dengan nilai rata-rata 85. Kata kunci : bercerita tentang pengalaman pribadi, metode sosiodrama.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 02 Jun 2016 14:43
    Last Modified: 02 Jun 2016 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26747

    Actions (login required)

    View Item