PROBLEM-PROBLEM SOSIAL REMAJA DALAM NOVEL VIRGIN (KETIKA KEPERAWANAN DIPERTANYAKAN) KARYA AGUNG BAWANTARA (Sebuah Tinjauan Sosiologi Sastra)

M, IMAS RATRI (2016) PROBLEM-PROBLEM SOSIAL REMAJA DALAM NOVEL VIRGIN (KETIKA KEPERAWANAN DIPERTANYAKAN) KARYA AGUNG BAWANTARA (Sebuah Tinjauan Sosiologi Sastra). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (244Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Imas Ratri Marsetyaningrum. C0209017. 2016. Problem-problem Sosial Remaja dalam Novel Virgin (Ketika Keperawanan Dipertanyakan) Karya Agung Bawantara (Sebuah Tinjauan Sosiologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah aspek struktural novel Virgin? (2) Bagaimanakah gambaran problem-problem sosial remaja yang terdapat dalam novel Virgin?. Tujuan penelitian novel ini adalah (1) Mendeskripsikan aspek struktual novel Virgin. (2) Mengungkapkan problem-problem sosial remaja yang terdapat dalam novel Virgin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek material yang berupa novel Virgin karya Agung Bawantara, dan objek formal yaitu kata, frasa, kalimat, paragraf yang mengungkapkan aspek struktural dan problem-problem sosial yang terdapat dalam novel Virgin karya Agung Bawantara. Sumber data penelitian ini adalah berupa Novel Virgin (Ketika Keperawanan Dipertanyakan). Data dalam penelitian ini adalah seluruh kata, frasa, kalimat, paragraf yang mengungkapkan aspek struktural dan problem-problem sosial yang terdapat dalam novel Virgin karya Agung Bawantara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Teknik pengolahan data melalui tiga tahap, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan beberapa hal: (1) Hasil analisis struktural novel Virgin meliputi fakta-fakta cerita, tema, serta sarana-sarana cerita yang terbagi lagi menjadi alur, karakter atau penokohan, latar, judul, sudut pandang, gaya, simbolisme, dan ironi. Alur novel berbentuk lurus, progresif dengan ditemukannya klimaks cerita sebagai konflik utama. Analisis karakter atau tokoh, tema, serta sarana cerita novel membentuk makna totalitas dan membantu penulis dalam menemukan permasalahan sosial yang dibahas dalam analisis sosiologi sastra, (2) Hasil analisis problem-problem sosial remaja yang terdapat dalam novel Virgin adalah berupa masalah kemiskinan, kejahatan, masalah disorganisasi keluarga, masalah generasi muda dalam masyarakat modern, masalah pelanggaran terhadap norma masyarakat, dan masalah lingkungan hidup. Masalah kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga dan masalah lingkungan hidup menjadi faktor pemicu yang besar pada novel ini dalam menimbulkan masalah generasi muda dalam masyarakat modern dan pelanggaran norma-norma masyarakat. Kenakalan remaja dilatarbelakangi juga oleh masalah lingkungan hidup, yaitu di lingkungan sosial kota besar Jakarta yang terlalu bebas dan lepas. Hasil analisis problem-problem sosial remaja pada novel Virgin ini bermanfaat untuk membuka jalan keluar atau solusi terbaik bagi keluarga, lingkungan pendidikan dan lingkungan masyarakat untuk menghadapi masalah kenakalan remaja karena sebenarnya setiap remaja memiliki sisi positif atau potensi yang baik untuk dikembangkan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Indonesia
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 02 Jun 2016 14:31
    Last Modified: 02 Jun 2016 14:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26745

    Actions (login required)

    View Item