Media Sosial Sebagai Sarana Pendukung Gerakan Sosial (Studi Tentang Pemanfaatan Facebook dan Twitter Oleh Akun Pandji dan Kitabisa untuk mendukung Project Pembangunan Masjid di Tolikara)

AULIA, FACHRI (2016) Media Sosial Sebagai Sarana Pendukung Gerakan Sosial (Studi Tentang Pemanfaatan Facebook dan Twitter Oleh Akun Pandji dan Kitabisa untuk mendukung Project Pembangunan Masjid di Tolikara). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (379Kb) | Preview

    Abstract

    Idul Fitri tahun 2015, menjadi sebuah idul fitri yang mungkin tidak dapat dilupakan untuk umat muslim yang ada di Tolikara, Papua. Terbakarnya masjid di Tolikara pada saat perayaan Idul Fitri menjadi sebuah berita yang menyedihkan dan muncul sentiment negatif antar umat beragama. Berselang satu hari kemudian muncullah proyek untuk membangun kembali masjid di Tolikara yang digagas oleh Pandji Pragiwaksono dan www.kitabisa.com. Hanya dengan menggunakan media sosial, Twitter dan Facebook, proyek ini berhasil mengumpulkan dana sebesar 300 juta rupiah hanya dalam waktu 3 hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proyek ini dapat berjalan dengan sukses hanya dengan memanfaatkan media sosial, Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang berarti peneliti mendeskripsikan apa yang sebenarnya terjadi. Pengumpulan data dilakukan mulai dari wawancara dengan pihak www.kitabisa.com, penggalang dana dan beberapa donatur serta ditambah dengan fakta dan data yang telah dikumpulkan melalui studi pustaka, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Facebook dan Twitter dapat dimanfaatkan untuk menyebarluaskan proyek yang diusung oleh Pandji dan Situs penggalangan dana, Kitabisa. Facebook dan Twitter secara cepat dengan mengalirkan informasi mengenai penggalanngan dana ini. Kemampuan Facebook dan Twitter ini juga didukung oleh faktor-faktor dari segi komunikator dan komunikannya sendiri. Faktor tersebut adalah (1) Rasa saling tolong menolong, (2) Momentum dan Waktu, (3) Ide yang tepat, (4) sosok yang berpengaruh erat kaitannya dengan komunikator, (5) Serta Fitur yang memudahkan di media sosial untuk membuat proyek ini viral. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum, sebuah proyek sosial di media baru, mampu menjadi viral dan sukses asal memiliki beberapa faktor, seperti faktor-faktor yang ditemukan saat penelitian. Media baru menjadi sebuah alat yang cukup mumpuni untuk masa depan dimana semua akan menjadi digital.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 02 Jun 2016 13:39
    Last Modified: 02 Jun 2016 13:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26737

    Actions (login required)

    View Item