Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divison (STAD) Pada Siswa Kelas X TMO B SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015

PUTRI, AYU S KMANA (2016) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divison (STAD) Pada Siswa Kelas X TMO B SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (443Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Ayu Sukmana Putri. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLA BASKET MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X TMO B SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot siswa melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas X TMO B SMKN Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas dua kali petemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TMO B SMK Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan lay up shoot dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Dari analisis data dalam penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa pada lay up shoot bola bakset pada pra siklus adalah 33,33 % dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 12 orang meningkat pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 61,11% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 24 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 86,10% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 31 siswa. dan 5 siswa yang belum tuntas, siswa dinyatakan tuntas dengan KKM 75. Simpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot pada siswa kelas X TMO B SMK Negeri 2 Salatiga tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Model pembelajaran STAD, hasil belajar lay up shoot, cooperative learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 02 Jun 2016 10:12
    Last Modified: 02 Jun 2016 10:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26724

    Actions (login required)

    View Item