PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN CANDIWULAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Yogi Utami, Tri (2016) PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN CANDIWULAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (184Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tri Yogi Utami. PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN CANDIWULAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2016. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model concept sentence dengan media puzzle, (2) meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui penerapan model concept sentence dengan media puzzle, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model concept sentence dengan media puzzle dalam peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Candiwulan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa. Data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model concept sentence dengan media puzzle dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) penyampaian kompetensi dan pengenalan puzzle; (b) penyajian materi serta tanya jawab melalui puzzle; (c) pembentukan kelompok heterogen dan pembagian puzzle; (d) penyajian kata kunci dan penyusunan puzzle; (e) pembuatan kalimat menggunakan minimal 4 kata kunci kemudian penyusunan kalimat menjadi karangan berdasarkan puzzle; (f) pembahasan hasil diskusi; (g) kesimpulan; (2) penerapan model concept sentence dengan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV. Peningkatan keterampilan menulis karangan dari 65,91% pada siklus I, meningkat menjadi 79,54% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 93,18% pada siklus III; (3) kendala yang muncul dalam penerapan model concept sentence dengan media puzzle yaitu: guru belum memperhatikan siswa pasif, guru kurang maksimal mengenalkan puzzle, siswa pasif dalam bertanya, siswa belum percaya diri dalam menanggapi hasil diskusi, dan siswa ramai dalam diskusi. Solusi dari kendala tersebut yaitu: guru bersikap adil agar dapat memotivasi siswa pasif, guru lebih maksimal mengenalkan puzzle, guru memotivasi siswa untuk berani bertanya, guru mendorong siswa untuk percaya diri menanggapi hasil diskusi, dan guru menegur siswa yang ramai dalam diskusi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model concept sentence dengan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Candiwulan tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Concept Sentence, Media Puzzle, Keterampilan Menulis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 01 Jun 2016 13:34
    Last Modified: 01 Jun 2016 13:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26717

    Actions (login required)

    View Item