PENGGUNAAN ALAT PERAGA SIPOA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS D2-C SEMESTER II SLB ABCD YSD POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2008/2009

Suwarko, (2010) PENGGUNAAN ALAT PERAGA SIPOA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS D2-C SEMESTER II SLB ABCD YSD POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2641Kb)

    Abstract

    Suwarko. PENGGUNAAN ALAT PERAGA SIPOA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS D2-C SEMESTER II SLB ABCD YSD POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2008-2009. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Juli 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga Sipoa dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas D2C Semester 2 SLB ABCD YSD Polokarto Sukoharjo Tahun Ajaran 2008-2009. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas D2-C tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktek dan proses dalam pembelajaran kemandirian. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita kelas D2-C Semester II SLB ABCD YSD Polokarto, Sukoharjo Tahun Ajaran 20082009 yang berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga sipoa dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas D2-C semester II SLB ABCD YSD Polokarto Sukoharjo tahun ajaran 2008/2009. Suwarko. USE OF APPLIANCE OF PHYSIC SIPOA TO INCREASE ACHIEVEMENT LEARN THE SUBJECT OF MATHEMATICS FOR STUDENT OF CLASS D2-C OF SEMESTER OF II SLB ABCD YSD POLOKARTO SUKOHARJO SCHOOL YEAR 2008-2009. Skripsi, Surakarta: Faculty Of Teachership and Education, Sebelas Maret University, July 2009. The aim of this research to knowing wheter use of appliance of physic sipoa can increase achievement learn the subject of mathematics to student of class D2-C of semester of II SLB ABCD YSD Polokarto Sukoharjo school year 2008/2009. Approach method is used by research of class action, the meaning is researching by teacher in the class D2-c using approach method at completion or improvement practice and process in independence study. The subjek research is all student of mentally retarded of class of D2-C of semester of II SLB ABCD YSD Polokarto Sukoharjo school year 2008/2009 amounting to 5 student. Technique input collecting used by test and observation. As for technique analyse the data at this research is quantitative data by using descriptive analysis. From result analyse the data by result of research prove that learning mathematics by using appliance of physic of sipoa achievement learn the student of class D2-C of semester of II SLB ABCD YSD Polokarto Sukoharjo school year 2008/2009.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Users 831 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 19:38
    Last Modified: 12 Jul 2013 19:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2667

    Actions (login required)

    View Item