PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MESIN A SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Taufiq R, Muchammad (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MESIN A SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (727Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli melalui penerapan model pembelajaran teaching game for understanding pada peserta didik kelas XI Mesin A SMK Bhinneka Karya Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas XI Mesin A SMK Bhinneka Karya Surakarta yang berjumlah 28 peserta didik yang keseluruhan peserta didiknya putra. Sumber data berasal dari peserta didik, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran teaching game for understanding dapat meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar permainan bolavoli pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 57,14% atau sebanyak 16 peserta didik dari total 28 peserta didik. Peningkatan hasil belajar permainan bolavoli juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 85,71% atau sebanyak 24 peserta didik yang tergolong kriteria Tuntas hasil belajar, yang tuntas di KI Spiritual, KI Sosial, KI Pengetahuan, dan KI Keterampilan. Adapun 4 peserta didik lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran teaching game for understanding dapat meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli pada peserta didik kelas XI Mesin A SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Model pembelajaran Teaching Game for Understanding, Hasil Belajar, Permainan Bolavoli

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 30 May 2016 19:42
    Last Modified: 30 May 2016 19:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26647

    Actions (login required)

    View Item