PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X SMA N KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sularso, Agung (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X SMA N KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (217Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran biologi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA N Karangpandan tahun pelajaran 2012/2013; 2) untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA N Karangpandan tahun pelajaran 2012/2013; 3) untuk mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA N Karangpandan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experimental Research).Model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai variabel bebas, gaya belajar sebagai variabel moderat, dan kemampuan berpikir kritis sebagai variable terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA N Karangpandan semester I tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah kelas X6 sebagai kelas control dan siswa kelas X3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis digunakan teknik tes sedangkan gaya belajar digunakan teknik angket. Uji hipotesis menggunakan uji Anava dua jalan serta dibantu program SPSS 20 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Hipotesis pertama, berdasarkan hasil uji anava dua jalan diketahui nilai F 29,127 dan sig 0,000 sehingga H0 ditolak ; 2) Hipotesis kedua, hasil uji anava dua jalan diketahui nilai F 0,537 dan sig 0,587 sehingga H0 diterima; 3) Hipotesis ketiga, hasil uji anava dua jalan diketahui nilai F 0,567dan sig 0,570 sehingga H0 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2012/2013, 2) Gaya belajar siswa tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2012/20133) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis ,Gaya Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 30 May 2016 19:27
    Last Modified: 30 May 2016 19:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26645

    Actions (login required)

    View Item