KAJI EKSPERIMENTAL PERFORMANSI PENGEREMAN KAMPAS REM SERAT IJUK SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF KAMPAS REM MOBIL

Anwar, Khoirul (2016) KAJI EKSPERIMENTAL PERFORMANSI PENGEREMAN KAMPAS REM SERAT IJUK SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF KAMPAS REM MOBIL. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (292Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pengaruh variasi komposisi komposit serat, ijuk kuningan (Cu-Zn), magnesium oksida (MgO), dan resin polyester terhadap koefisien gesek pada pengujian performansi pengereman dengan mesin Prony Brake. (2) Menyelidiki variasi komposisi komposit serat ijuk, kuningan (Cu-Zn), magnesium oksida (MgO), dan resin polyester yang mempunyai koefisien gesek tertinggi jika dibandingkan dengan koefisien gesek kampas rem merk Nissin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dengan melakukan uji performansi pengereman menggunakan mesin Prony Brake. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan membuat 4 komposisi kampas rem, setiap komposisi dibuat 3 buah sampel menjadi (1A, 1B, 1C; 2A, 2B, 2C; 3A, 3B, 3C; 4A, 4B, 4C). Data diperoleh dari hasil uji performansi pengereman kemudian dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik, kemudian dianalisis dengan membandingkan koefisien gesek kampas rem serat ijuk dan koefisien gesek kampas rem merk Nissin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Variasi komposisi bahan kampas rem berpengaruh terhadap nilai koefisien gesek kampas rem. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien gesek yang berbeda-beda pada komposisi kampas rem yang berbeda. Kampas rem komposisi 1 dengan komposisi serat ijuk 55%, serbuk kuningan (Cu-Zn) 15%, magnesium oksida (MgO) 20% dan resin polyester 10% nilai koefisien geseknya sebesar 0,907. Kampas rem komposisi 2 dengan komposisi serat ijuk 45%, serbuk kuningan (Cu-Zn) 25%, magnesium oksida (MgO) 20% dan resin polyester 10% nilai koefisien geseknya sebesar 0,496. Kampas rem Komposisi 3 dengan dengan komposisi serat ijuk 25%, serbuk kuningan (Cu-Zn) 45%, magnesium oksida (MgO) 20% dan resin polyester 10% nilai koefisien geseknya sebesar 0,674. Kampas rem 4 dengan komposisi serat ijuk 15%, serbuk kuningan (Cu-Zn) 55%, magnesium oksida (MgO) 20% dan resin polyester 10% nilai koefisien geseknya sebesar 0,508. (2) Semua spesimen kampas rem serat ijuk mempunyai nilai koefisien gesek diatas kampas rem merk Nissin. Nilai koefisien gesek tertinggi sebesar 0,924 terjadi pada spesimen kampas rem 1 dengan prosentase serat ijuk 55%, kuningan (Cu-Zn) 15%, magnesium oksida (MgO) 20%, dan resin polyester 10%. Kampas rem merk Nissin mempunyai nilai koefisien gesek sebesar 0,301. Penelitian ini membuktikan bahwa spesimen kampas rem serat ijuk lebih baik daripada kampas rem merk Nissin terhadap nilai koefisien gesek pada pengujian performansi pengereman. Kata kunci : bahan alternatif, performansi pengereman, kampas rem serat ijuk, kampas rem mobil, koefisien gesek, prony brake.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 30 May 2016 16:50
    Last Modified: 30 May 2016 16:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26636

    Actions (login required)

    View Item