PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL PADA KEPUASAN KERJA YANG DIMEDIASI OLEH PERSEPSI POLITIK ORGANISASI ( Studi Pada Karyawan PT.Bank CIMB Niaga, Tbk di Surakarta )

Maulana, Yudha (2016) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL PADA KEPUASAN KERJA YANG DIMEDIASI OLEH PERSEPSI POLITIK ORGANISASI ( Studi Pada Karyawan PT.Bank CIMB Niaga, Tbk di Surakarta ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (234Kb) | Preview

    Abstract

    PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL PADA KEPUASAN KERJA YANG DIMEDIASI OLEH PERSEPSI POLITIK ORGANISASI ( Studi Pada Karyawan PT. Bank CIMB Niaga, Tbk di Surakarta ) YUDHA MAULANA NIM. F0211105 Penelitian ini menguji pengaruh gaya kepemimpinan transformasional serta transaksional pada kepuasan kerja yang dimediasi oleh persepsi politik organisasi dengan objek penelitian pada PT. Bank CIMB Niaga, Tbk di Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel - variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Variabel penelitian ini meliputi variabel independen yaitu kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional, variabel mediasi yaitu persepsi politik organisasi, serta variabel dependen menggunakan kepuasan kerja. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei yaitu dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Bank CIMB Niaga, Tbk di Surakarta, dengan sampel penelitian berjumlah 100 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dengan bantuan IBM SPSS version 22 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif pada kepuasan kerja baik secara langsung maupun dimediasi oleh persepsi politik organisasi. Kepemimpinan transaksional berpengaruh negatif pada kepuasan kerja baik secara langsung maupun dimediasi oleh persepsi politik organisasi. Kepemimpinan transformasional berpengaruh negatif pada persepsi politik organisasi. Kepemimpinan transaksional berpengaruh pos itif pada persepsi politik organisasi. Persepsi politik organisasi berpengaruh negatif pada kepuasan kerja. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepemimpinan Transaksional, Persepsi Politik Organisasi, Kepuasan Kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 30 May 2016 11:15
    Last Modified: 30 May 2016 11:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26600

    Actions (login required)

    View Item