ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)

Achir, Yaumil Sitta (2016) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (270Kb) | Preview

    Abstract

    Yaumil Sitta Achir. K1311079. ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF(Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, April 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kemampuan dan mengetahui tingkat komunikasi matematis secara tertulis siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent(FI) kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta dalam pemecahan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), (2) Mendeskripsikan kemampuan dan mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis secara tertulis siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent(FD) kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta dalam pemecahan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B yang berjumlah 30 peserta didik. Subjek ditentukan dengan teknik sampel bertujuan sehingga diperoleh empat peserta didik yang menjadi subjek penelitian yakni dua peserta didik dengan gaya kognitif FD dan dua peserta didik dengan gaya kognitif FI. Sumber data berasal dari siswa yang menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket dan wawancara berbasis tugas. Teknik analisis data menggunakan tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi waktu. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh informasi bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis secara tertulis siswa dengan gaya kognitif FD sebagai berikut : (a) Mampu menjelaskan situasi/ permasalahan dengan menyatakan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, (b) Tidak mampu menyajikan permasalahan ke dalam model matematika dengan tepat, (c) Mampu menggunakan representasi matematika dari informasi yang tersaji secara utuh, (d) Belum mampu melaksanakan langkah-langkah pemecahan masalah dengan tuntas, (e) Tidak mampu mendapatkan solusi akhir dari hasil pekerjaannya, (f) Tidak mampu menafsirkan solusi matematika yang ia peroleh. Kemampuan siswa FD berada pada rentang level 1-2, hal ini menunjukkan bahwa siswa FD memiliki kemampuan komunikasi matematis tertulis termasuk dalam kategori rendahsedang. (2) Kemampuan komunikasi matematis secara tertulis siswa FI sebagai berikut : (a) Mampu menjelaskan situasi/ permasalahan dengan menyatakan halhal yang diketahui dan dinyatakan dari permasalahan secara tepat, (b) Mampu menyajikan permasalahan ke dalam model matematika dengan tepat, (c) Mampu menggunakan representasi matematika dari informasi yang tersaji secara utuh maupun yang terpisah dari informasi pada masalah ke dalam model matematika dengan tepat, (d) Mampu menggunakan konsep dan strategi yang ia pilih, (e) Mampu melaksanakan langkah-langkah komputasi dalam pemecahan masalah vii secara tepat dan sistematis, (f) Mampu mendapatkan solusi yang tepat dari hasil pekerjaannya, (g) Mampu menafsirkan solusi matematika yang diperoleh kembali ke permasalahan kontekstual. Kemampuan FI berada pada rentang level 3-4, hal ini menunjukkan bahwa siswa FI memiliki kemampuan komunikasi matematis tertulis termasuk dalam kategori tinggi-sangat tinggi. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 30 May 2016 10:27
    Last Modified: 30 May 2016 10:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26597

    Actions (login required)

    View Item