PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PUTRA , REDZA DWI (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (508Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Redza Dwi Putra. K4311056. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta:. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 30% dari baseline melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri Colomadu selama dua siklus penelitian. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 22 siswa putri. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa, lembar observasi sikap kreatif untuk mengukur sikap kreatif siswa, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan metode triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada masing-masing aspek kemampuan berpikir kreatif siswa yang dihitung dari Pra-Siklus, Siklus I, sampai dengan Siklus II dengan rincian: Aspek berpikir lancar (29,4%, 48,2%, dan 68,8%) dengan peningkatan sebesar 39,4%; Aspek berpikir luwes (28,5%, 48,5%, dan 69,4%) dengan peningkatan sebesar 40,9%; Aspek berpikir orisinal (27,1%, 45,3%, dan 65,3%) dengan peningkatan sebesar 38,2%; Aspek berpikir memerinci (25,3%, 47,6%, dan 67,9%) dengan peningkatan sebesar 42,6%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan sebesar 40,3% (19,8% peningkatan dari Pra-Siklus sampai dengan Siklus I, dan 20,5% peningkatan dari Siklus I sampai dengan Siklus II) kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siwa kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir kreatif, Inkuiri terbimbing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 30 May 2016 08:32
    Last Modified: 30 May 2016 08:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26592

    Actions (login required)

    View Item