SINTESIS DAN APLIKASI MATERIAL SUPERABSORBEN BERBASIS SELULOSA LIMBAH SERBUK GERGAJI TERCANGKOK ASAM AKRILAT PENGEMBAN UREA, PHONSKA, ZA DAN TSP SEBAGAI PUPUK CERDAS DI INDONESIA

Setyoko, Heri and Ramadhani, Dimas Gilang and Rahmadji, Ridho and Irsyadi, Rizki (2016) SINTESIS DAN APLIKASI MATERIAL SUPERABSORBEN BERBASIS SELULOSA LIMBAH SERBUK GERGAJI TERCANGKOK ASAM AKRILAT PENGEMBAN UREA, PHONSKA, ZA DAN TSP SEBAGAI PUPUK CERDAS DI INDONESIA. Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (31Kb) | Preview

    Abstract

    Pertanian merupakan salah satu sektor industri yang mampu menyerap lebih banyak pekerja bila dibandingkan dengan sektor lain. Sekitar 44,5% penduduk indonesia bermata pencaharian sebagai petani, sehingga sector ini memberikan kontribusi yang cukup besar dalam perolehan Produk Domestik Bruto (PDB). Keberadaan pupuk secara tepat baik jumlah, jenis, mutu, harga, tempat, dan waktu akan menentukan kuantitas dan kualitas produk pertanian yang dihasilkan. Di satu sisi, pengembangan pupuk anorganik berdampak positif terhadap peningkatan produksi padi. Namun, di sisi lain penggunaan pupuk anorganik juga berdampak negatif, seperti pencemaran lingkungan dan inefisiensi pemupukan di sebagian besar daerah intensifikasi padi ditambah dengan kenyataannya permasalahan yang sering dihadapi petani adalah kelangkaan pasokan pupuk dan harga yang tidak terjangkau di tingkat petani. Permasalahan lahan yang rusak juga memperparah kondisi pertanian di Indonesia, solusi yang biasa dilakukan pertani adalah dengan melebihi jumlah pemupukan pada tanaman akan tetapi cara tersebut tidak efektive karena sifat kepolaran tanah yang sudah tidak polar sehingga tidak bisa menahan pupuk. Disisi lain, jumlah limbah serbuk gergaji yang mengandung selulosa dapat digunakan menjadi superabsorben. Aquakeeper dari bahan polimer superabsorben adalah meteri cerdas yang dapat menyerap air dan menyimpan air. Penggunaanya dapat digunakan sebagai penangkap dan penyimpan air pada lahan pertanian. Superabsorben dapat dibuat dengan mencangkok selulosa dari bahan alam dengan asam akrilat untuk memaksimalkan penyerapan air dan lebih biodigredibel. Pembuatan superabsorben dari selulosa serbuk gergaji tercangkok asam akrilat dengan mengemban urea, phonska, ZA dan TSP dibuat dengan preparasi bahan dasar berupa selulosa dari limbah serbuk gergaji kemudian dibuat superabsorben dengan mencangkok selulosa dengan asam akrilat yang ditambah urea, phonska, ZA dan TSP. Uji FTIR dan UJI XRD adalah uji gugus pada superabsorben. Uji retensi air digunakan untuk menguji seberapa besar daya serap air dari bahan superabsorben tersebut, sebagai dasar untuk mengukur keterserapan air oleh bahan superabsorben. Pengujian aquakeeper digunakan sebagai uji penyerapan air oleh bahan superabsorben didalam media tanah sehingga dapat menghitung keterserapan air dalam media tanah. Pengujian digunakan sebagai uji kelayak bahan superabsorben dari selulosa serbuk gergaji tercangkok asam akrilat pengemban urea, phonska, ZA dan TSP digunakan sebagai aquakeeper untuk memperbaiki kelestarian lingkungan dengan memperbaiki kontur tanah pertanian sehingga kelestarian pertanian di Indonesia dapat lebih terjaga. Dengan mengaplikasikan superabsorben dari selulosa serbuk gergaji tercangkok asam akrilat dengan pengemban urea, phonska, ZA dan TSP untuk pupuk yang cerdas di Indonesia maka petanian akan semakin maju. Kata kunci = Superabsorben, Pupuk, Aquakeeper.

    Item Type: Other
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 28 May 2016 17:11
    Last Modified: 28 May 2016 17:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26570

    Actions (login required)

    View Item