MABEL (MATHEMATICS FOR DIFABEL): MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN BERBASIS PEMANFAATAN LIMBAH PRAKTEK PLUMBING DARI KAMPUS V UNS

Purnomo, Joko and Salafudin, Muhammad and Pangestu, Dhany and Yulianto, Angga Dwi (2016) MABEL (MATHEMATICS FOR DIFABEL): MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN BERBASIS PEMANFAATAN LIMBAH PRAKTEK PLUMBING DARI KAMPUS V UNS. Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (33Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dan target dari program ini yaitu terciptanya media pembelajaran matematika bagi siswa tunagrahita ringan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tunagrahita terkait pelajaran matematika, serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembuatan media ini akan dilakukan di Laboratorium Plumbing dan ME Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret pada bulan Februari-Juni tahun 2015. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam program ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Prosedur pelaksanaan program meliputi pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba produk lingkup kecil, revisi produk, uji coba pemakaian lingkup besar, revisi produk lagi, dan selanjutnya diproduksi masal. Mabel (Mathematics for Difabel) merupakan media pembelajaran Matematika dan bisa dibuat seperti puzzle. Media ini berisi angka dan simbol penjumlahan serta pengurangan yang berasal dari limbat pelat seng dan kardus bekas. Media ini dapat menggambarkan secara lebih konkret materi yang dijelaskan. Mabel dapat juga dijadikan dibuat menjadi media pembelajaran Matematika perjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada siswa Sekolah Dasar, dapat juga dijadikan media pembelajaran rumus-rumus fisika pada SMPLB dan SMALB. Mabel merupakan media pembelajaran yang berfungsi untuk memudahkan anak tunagrahita ringan dalam memahami pelajaran Matematika. Mabel akan disusun berdasarkan kompetensi dasar yang akan dipelajari. Tujuan dibuatnya Mabel supaya siswa dapat mempunyai gambaran tentang penjumlahan dan pengurahan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam kegiatan jual beli.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 28 May 2016 13:52
    Last Modified: 28 May 2016 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26550

    Actions (login required)

    View Item