CONTINUOUS IMPROVEMENT KINERJA BIDANG PENCATATAN SIPIL DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA

Oktasavina Kusuma, Shenas (2016) CONTINUOUS IMPROVEMENT KINERJA BIDANG PENCATATAN SIPIL DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (879Kb) | Preview

    Abstract

    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta merupakan dinas yang berhasil dalam upaya reformasi birokrasinya dengan berbagai penghargaan yang diperoleh disertai dengan adanya sertifikasi ISO 9001:2008. Untuk mempertahankan presatasi dan kualitas pelayanannya,maka perlu adanya upaya perbaikan bersifat berkelanjutan (continuous improvement). Hal ini kemudian mendorong peneliti untuk mengkaji dan menggambarkan jalannya proses continuous improvementdalam organisasi, khususnya pada kinerja Bidang Pencatatan Sipil sebagai salah satu bidang dalam Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan keunggulanpelayanannya. Penelitian dilakukan di Bidang Pencatatan Sipil Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dengan metode deskriptif didukung dengan data kualitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi dengan pemilihan informan secara purposive. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan konsep perbaikan berkelanjutan mengikuti siklus Deming (PDSA) terkait tahap-tahap perbaikan berkelanjutan sehingga dapat mempermudah dalam mengkaji topik penelitian dan mampu memberikan gambaran tentang proses Continuous Improvement Kinerja Bidang Pencatatan Sipil. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bidang Pencatatan Sipil melakukan upaya perbaikan kinerja secara berkelanjutan. Upaya berbaikan berkelanjutan ini diawali dengan Perencanaan Perbaikan berupa perencanaan perbaikan sistem, perbaikan sasaran mutu dan perbaikan sumber daya manusia. Pada Tahap Pelaksanaan sebagian besar perencanaan perbaikan pada tahap perencanaan telah berjalan. Pada tahap selanjutanya, yaitu tahap studi, pelaksanaan perbaikan ditinjau untuk mengetahui apakah perbaikan yang dilakukan berjalan dengan efektif. Pada tahap ini pelaksanaan perbaikan telah berjalan dengan efektif meski masih ditemukan berbagai kendala, antara lain masalah pencatatan kematian, belum semua Rumah Sakit termasuk dalam MoU, kevalidan data, dan permasalahan teknis SIAK, kurangnya personil atau sumber daya manusia, serta kurangnya sarana dan prasarana berupa alat scanning dan gedung. Pada tahap terakhir, yaitu tahap tindakan perbaikan yang telah berjalan dengan baik dan efektif Bidang Pencatatan Sipil akan berupaya untuk meningkatkan standar dan menciptakan inovasi baru. Sedangkan untuk kendala-kendala yang ditemukan pada tahap studi akan digunakan untuk acuan perencanaan perbaikan selanjutnya, sehingga tercipta berbaikan kinerja yang berkelanjutan. Kata Kunci: Continuous Improvement, Kinerja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 28 May 2016 06:52
    Last Modified: 28 May 2016 06:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26544

    Actions (login required)

    View Item