Perbandingan Praktik Manajemen Laba Perusahaan Milik Negara Dengan Perusahaan Swasta (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

PERMANA, DEDDY (2016) Perbandingan Praktik Manajemen Laba Perusahaan Milik Negara Dengan Perusahaan Swasta (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (88Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh konsentrasi kepemilikan dan praktek manajemen laba. Penelitian ini juga meneliti pengaruh konsentrasi jenis kepemilikan (BUMN vs swasta) pada praktek manajemen laba. Penelitian ini menggunakan beberapa variabel kontrol, seperti corporate governance, koneksi politik, penjualan, dan leverage. Sampel dari penelitian ini terdiri dari perusahaan terdaftar (perusahaan BUMN dan swasta) di Bursa Efek Indonesia pada periode 2006-2014. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yang menghasilkan 232 perusahaan listing, yang terdiri dari 116 perusahaan milik negara dan 116 perusahaan swasta. Data dari penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan dari laporan tahunan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh konsentrasi kepemilikan pada praktek manajemen laba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi kepemilikan berpengaruh positif dan signifikan dengan praktik manajemen laba di Indonesia. Selain itu, jenis hubungan membentuk pola U-terbalik. Sebaliknya, jenis kepemilikan tidak signifikan memediasi hubungan antara konsentrasi kepemilikan dan manajemen laba. Dalam hal variabel kontrol, hanya penjualan memiliki hubungan positif dan signifikan dengan manajemen laba.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 27 May 2016 08:39
    Last Modified: 27 May 2016 08:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26479

    Actions (login required)

    View Item