PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKIN STICK UNTUK MENINKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2014/2015

JULINUR R, DOVAN (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKIN STICK UNTUK MENINKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (164Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak Dovan Julinur Rahsyaputra. K8411023. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Oktober 2015. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi tindakan. Subyek pada penelitian tindakan kelas adalah seluruh siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Boyolali yaitu sebanyak 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Boyolali, yang dimulai dari tahap Pra Tindakan, Siklus I dan Siklus II. Hasil belajar pada tahap Pra Tindakan diperoleh prosentase ketuntasan siswa sebesar 45% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73,54. Hasil belajar mengalami peningkatan pada Siklus I dengan prosentase ketuntasan sebesar 58% dan rata-rata nilai sebesar 78,54. Kemudian pada siklus II diperoleh prsontase ketuntasan sebesar 87% dengan nilai rata-rata sebesar 87,41. Simpulan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkat hasil belajar siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Boyolali. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Talking Stick, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 26 May 2016 20:59
    Last Modified: 26 May 2016 20:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26455

    Actions (login required)

    View Item