PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATIONS DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN 2 GEMEKSEKTI TAHUN AJARAN 2015/2016

Kurniasih, Risa (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATIONS DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN 2 GEMEKSEKTI TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (386Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Risa Kurniasih. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN 2 GEMEKSEKTI TAHUN AJARAN 2015/2016.Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2016. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe Group Investigation dengan media konkret, (2) meningkatkan pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas V SDN2 Gemeksekti tahun ajaran 2015/2016, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN2 Gemeksekti tahun ajaran 2015/2016, yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan model kooperatif tipe Group Investigation dengan media konkret yaitu: (a) penyampaian materi awal/ topik dengan media konkret, (b) pembagian kelompok heterogen dengan media konkret, (c) pemilihan subtopik dengan media konkret, (d) perencanaan langkah-langkah investigasi dengan media konkret, (e) investigasi kelompok dengan media konkret, (f) presentasi hasil investigasi dengan media konkret, dan (g) presentasi hasil investigasi dengan media konkret, (2) penerapan model kooperatif tipe Group Investigation dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas V SDN2 Gemeksekti tahun ajaran 2015/2016, terbukti dengan adanya peningkatan ketuntasan siswa. Pada siklus I = 86,96%, siklus II = 91,30%, dan siklus III = 95,65%, (3) kendala yang ditemui dalam pembelajaran yaitu: (a) guru kurang membimbing saat diskusi, (b) siswa pasif berpendapat, (c) siswa kurang tertib saat mengambil undian, (d) suasana kelas kurang kondusif, (e) siswa kurang memperhatikan presentasi. Adapun solusinya yaitu: (a) guru membimbing semua kelompok, (b) siswa lebih dimotivasi, (c) siswa diarahkan tertib, (d) siswa diinstruksikan agar kondusif, dan (e) siswa diberi peringatan apabila tidak memperhatikan presentasi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Group Investigation dengan media konkret melalui langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas V SDN2 Gemeksekti tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Group Investigation, media konkret, bangun ruang ABSTRACT Risa Kurniasih. THE APPLICATION OF GROUP INVESTIGATION COOPERATIVE MODEL USING CONCRETE MEDIA IN IMPROVING LEARNING ABOUT GEOMETRY FOR THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 2 GEMEKSEKTI IN THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016. Thesis, Teacher Training and Education Faculty. SebelasMaret University of Surakarta. April 2016. The objectives of this research are: (1) to describe the steps onthe application of Group Investigation cooperative model using concrete media, (2) to improve learning about geometry for the fifth grade students of SD Negeri 2 Gemeksekti in the academic year of 2015/2016, and (3) to describe problems and solutions. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 23 students of the fifth grade of SD Negeri2 Gemeksekti in the academic year of 2015/2016. Techniques of collecting data were observation, interview, document, and test. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of technique and triangulation of sources. Data were analyzed using quantitative and qualitative analysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research showed that: (1) the steps of onthe application of Group Investigation cooperative model using concrete media, namely: (a) deliver learning material using concrete media, (b) devide heterogeneous group using concrete media, (c) choose subtopic using concrete media, (d) plan steps of investigation using concrete media, (e) group investigation using concrete media, and (f) deliver presentation of investigation result using concrete media; (2) the application of Group Investigation cooperative model using concrete mediacan improve learning about geometry for the fifth grade students of SD Negeri2 Gemeksekti in academic year 2015/2016. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycle 86.96%, in the second cycle 91.30%, and in the third cycle 95.65%; and (3) the problems encountered in the learning, namely: (a) the teacher lacks in giving guidance when discussion. (b) students are passive in expressing opinion, (c) students are not disipline when taking lottery, (d) condition of class is not conducive, (e) students lacks in paying attention to presentation. Solutions for these problems are (a) the teacher guides all groups, (b) students are given more motivation, (c) students are instructed to be disipline, (d) students are instructed to be conducive, and (e) students not paying attention to presentation are warned. The conclusion of this research is the application of Group Investigation cooperative model using concrete media through appropriate steps can improve learning about geometry for the fifth grade students of SD Negeri 2Gemeksekti in the academic year of 2015/2016. Keywords: Group Investigation, concrete media, geometry Abstrak: Penerapan Model Kooperatif tipe Group Investigations dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD N 2 Gemeksekti Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran bangun ruang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan selama 3 siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 2 Gemeksekti tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Group Investigation dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran bangun ruang siswa kelas V SD N 2 Gemeksekti tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Group Investigation, media konkret, bangun ruang Abstract: The Application of Group Investigation Cooperative Model Using Concrete Media in Improving Learning about Geometry for the Fifth Grade Students of SD Negeri 2 Gemeksekti in the Academic Year of 2015/2016. The objectives of this research are to improve learning about geometry. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 23 students of the fifth grade of SD Negeri 2 Gemeksekti in the academic year of 2015/2016. Techniques of collecting data were observation, interview, document, and test. The results of this research showed that the application of Group Investigation cooperative model using concrete media can improve learning about geometry for the fifth grade students of SD Negeri 2 Gemeksekti in the academic year of 2015/2016. Keywords: Group Investigation, concrete media, geometry

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 26 May 2016 20:24
    Last Modified: 26 May 2016 20:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26450

    Actions (login required)

    View Item