PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENVIRONMENT, AND SOCIETY (STES) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA ISLAM 1 SURAKARTA

Nurma Indah, Khotim (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENVIRONMENT, AND SOCIETY (STES) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA ISLAM 1 SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (942Kb) | Preview

    Abstract

    Khotim Nurma Indah, 2015. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENVIRONMENT, AND SOCIETY (STES) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA ISLAM 1 SURAKARTA. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Suharno, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2015. ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1). Kondisi bahan ajar Biologi yang digunakan dalam pembelajaran di SMA Islam 1 Surakarta 2). Prosedur pengembangan bahan ajar Biologi berbasis STES untuk siswa SMA Islam 1 Surakarta 3). Keefektifan penggunaan bahan ajar Biologi berbasis STES dalam meningkatkan keteranpilan berpikir kritis siswa SMA Islam 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R & D) mengacu pada model Gall, Borg, and Gall (1983) yang dimodifikasi menjadi sembilan tahap yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi; 2) Perencanaan; 3) Desain produk awal; 4) Uji coba awal; 5) Revisi produk pertama; 6) Uji coba lapangan terbatas; 7) Revisi produk kedua; 8) Uji coba lapangan operasional; 9) Revisi produk akhir. Responden pengembangan meliputi respon uji coba lapangan awal berjumlah 2 validator, responden uji coba lapangan terbatas berjumlah 10 siswa, dan responden uji coba lapangan operasional berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan tes. Data penelitian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Sementara itu hasil keterampilan berpikir kritis dianalisis dengan N-gain ternormalisasi dan Paired Sample t-test untuk mengetahui keefektifan bahan ajar Biologi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bahan ajar Biologi yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis; 2) Prosedur pengembangan dimulai dengan desain awal produk, dilanjutkan validasi produk kepada ahli penyajian bahan ajar dan materi, dan menunjukkan bahwa bahan ajar Biologi berbasis STES layak untuk diujicobakan; 3) Hasil keefektifan bahan ajar Biologi berbasis STES dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditandai kenaikan nilai hasil berpikir ktitis siswa yang dianalisis dengan N-Gain ternormalisasi, dan Paired Sample T-Test yang masing-masing menunjukkan skor 0,40 dan 0.008 . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Biologi berbasis STES dapat meingkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA Islam 1 Surakarta. Kata kunci: Bahan ajar, STES, Berpikir Kritis

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 26 May 2016 17:25
    Last Modified: 26 May 2016 17:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26448

    Actions (login required)

    View Item