PENDEKATAN BARU PENYELESAIAN KASUS PENJADWALAN UJIAN AKHIR SEMESTER SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KASUS SMA NEGERI 3 SURAKARTA)

RACHMADHANI , KARINA (2016) PENDEKATAN BARU PENYELESAIAN KASUS PENJADWALAN UJIAN AKHIR SEMESTER SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KASUS SMA NEGERI 3 SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (465Kb) | Preview

    Abstract

    KARINA RACHMADHANI Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret ABSTRAK Penjadwalan ujian merupakan salah satu proses dalam kegiatan belajar mengajar dimana dalam proses penjadwalan terdapat beberapa permasalahan yang harus diselesaikan agar dapat terjadwal dengan baik dan sesuai dengan aturan. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah penjadwalan ujian. Diantara metode tersebut sebagian besar digunakan untuk menyelesaikan masalah penjadwalan ujian untuk perkuliahan dan jarang yang digunakan untuk menyelesaikan penjadwalan ujian untuk sekolah menengah atas. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis akan melakukan pendekatan baru dalam penjadwalan ujian berdasarkan aturan pelaksanaan ujian yang sudah ada, baik hard constraint maupun soft constraint. Pendekatan baru ini terdiri dari tiga algoritma dengan kompleksitas masing-masing, yaitu: algoritma alokasi mata pelajaran dengan kompleksitas linear, algoritma alokasi pengawas dengan kompleksitas linear, dan algoritma alokasi tempat duduk siswa dengan kompleksitas polinomial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendekatan baru ini menghasilkan sebuah penjadwalan ujian dengan tidak melanggar hard constraint namun masih melanggar soft constraint. Kata Kunci: Penjadwalan ujian, Hard Constraint, Soft Constraint, Kompleksitas Algoritma

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: fauzan ahmad
    Date Deposited: 26 May 2016 17:03
    Last Modified: 26 May 2016 17:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26445

    Actions (login required)

    View Item