Intervensi logoterapi Medical MInistry untuk Memperbaiki Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis di RSUD dr Moewardi Surakarta.

Kusumawati, Indah (2016) Intervensi logoterapi Medical MInistry untuk Memperbaiki Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis di RSUD dr Moewardi Surakarta. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (554Kb) | Preview

    Abstract

    Latar belakang : Penyakit ginjal kronik merupakan masalah global kesehatan masyarakat yang semakin banyak terjadi, dan pada stadium akhir akan memerlukan terapi pengganti ginjal yang tetap seperti hemodialisis. Depresi merupakan masalah psikologis yang banyak terjadi pada pasien hemodialisis. Depresi juga dapat memperberat resiko terjadinya kematian dan menurunnya kualitas hidup pasien hemodialisis, sehingga diperlukan penatalaksanaan yang komprehensif. Logoterapi merupakan salah satu jenis psikoterapi yang mempunyai prinsip utama menemukan makna hidup dan pengembangan spiritual pada individu. Teknik medical ministry dipilih karena pada pasien hemodialisis mengalami masalah somatogenik yang penyebab somatiknya tidak dapat dihilangkan sehingga teknik ini sesuai diterapkan pada pasien hemodialisis. Tujuan : Mengetahui profil, persepsi subjek terhadap penyakit ginjal kronik dan dampaknya, menilai manfaat intervensi logoterapi terhadap depresi dan kualitas hidup subjek. Metode : Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif berbentuk studi kasus. Dalam studi kasus ini tidak hanya mengamati subjek secara natural tetapi juga memberikan intervensi logoterapi medical ministry. Pada penelitian ini diamati profil, persepsi subjek serta penilaian depresi dan kualitas hidup dengan kuesioner BDI, HRSD dan WHOQOL BREF sebelum dan sesudah intervensi logoterapi medical ministry. Hasil : Banyak faktor risiko psikososial dan persepsi pasien hemodialisis yang mempengaruhi terjadinya depresi dan kualitas hidup. Pemberian logoterapi medical ministry dapat memperbaiki depresi dan kualitas hidup. Kesimpulan : Intervensi logoterapi medical ministry dapat digunakan untuk memperbaiki depresi dan kualitas hidup pasien hemodialisis. Kata kunci : Logoterapi, depresi, kualitas hidup, pasien hemodialisis

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 26 May 2016 15:56
    Last Modified: 26 May 2016 15:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26442

    Actions (login required)

    View Item