Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu Kelas II di SLB ABCD Tunas Pembangunan I Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2015 / 2016

Putra, Zuhry Yudha Yuana (2016) Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu Kelas II di SLB ABCD Tunas Pembangunan I Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (890Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu kelas II di SLB ABCD Tunas Pembangunan I Nogosari Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Materi kosakata yang digunakan adalah kosakata benda sekitar dan hewan. Subjek dalam penelitian adalah satu anak tunarungu kelas II. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian adalah A – B – A. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes tertulis. Metode tes yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda dan tes menjodohkan. Data hasil tes kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis visual grafik yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor kemampuan penguasaan kosakata setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash. Pada fase baseline 1 (A-1) mean level sebesar 35,83, pada fase intervensi (B) mean level meningkat menjadi 77,08 dan pada fase baseline 2 (A-2) mean level meningkat kembali menjadi 91,67. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu kelas II di SLB ABCD Tunas Pembangunan I Nogosari Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Adobe Flash, Kosakata, Anak Tunarungu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 26 May 2016 15:32
    Last Modified: 26 May 2016 15:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26440

    Actions (login required)

    View Item