penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen (PTK pada siswan kelas XII IPS 1 SMA NEGERI TULAKAN PACITAN

SANYONO, JOKO (2016) penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen (PTK pada siswan kelas XII IPS 1 SMA NEGERI TULAKAN PACITAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (169Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen dengan penggunaan model pembelajaran problem based learningdan 2) Meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan penggunaan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua pertemuan.Subjek yang digunakan, meliputi: guru dan siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri Tulakan yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengambilan data yang digunakan meliputi:observasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu: 1) reduksi data (data reduction), 2) penyajian data (data display), dan 3) penarikan simpulan. Prosedur penelitian terdiri atas empat rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Setiap siklus terdiri dari empat tahap sebagai berikut: 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi dan evaluasi tindakan (observation and evaluation), dan 4) refleksi tindakan (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan selama tiga siklus melalui model pembelajaran problem based learningdapat ditarik simpulan bahwa melalui model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan menulis cerpen siswa. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya kualitas proses pembelajaran siklus I rata-rata 2,13 dengan kategori cukup efektif, siklus II dengan rata-rata 2,65 dengan kategori efektif, sedangkan pada siklus III mencapai rata-rata 3,31 dengan kategori sangat efektif. Jumlah siswa yang nilai keterampilan menulis cerpen mencapai batas KKM (75) pada prasiklus sebanyak 3 siswa atau 10%, pada siklus I sebanyak 8 siswa atau 26,67% siklus II sebanyak 12 siswa atau 40 % dan siklus III mencapai 25 siswa atau 83%. Hal ini menunjukkan peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 17% peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 23% peningkatan siklus II ke siklus III sebesar 43 %. Ketercapaian kualitas proses pembelajaan dan keterampilan menulis cerpen siswa telah tercapai bahkan melebihi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu sebesar 75. KataKunci: cerpen, problem based learning, kemampuan menulis siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 26 May 2016 14:44
    Last Modified: 26 May 2016 14:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26436

    Actions (login required)

    View Item