STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIK, ADVANCE ORGANIZER DAN EKSPOSITORI TERHADAP DAYA INGAT (RETENSI) PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016 (Pada Materi Pokok Teori Penciptaan Planet Bumi)

RAMADHANI, NAIMAH (2016) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIK, ADVANCE ORGANIZER DAN EKSPOSITORI TERHADAP DAYA INGAT (RETENSI) PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016 (Pada Materi Pokok Teori Penciptaan Planet Bumi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (856Kb) | Preview

    Abstract

    Na’imah Ramadhani. Studi Komparasi Model Pembelajaran Mnemonik, Advance Organizer dan Ekspositori terhadap Daya Ingat (Retensi) Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016 (Materi Pokok Teori Penciptaan Planet Bumi). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Perbedaan retensi peserta didik yang menggunakan model Mnemonik, Advance Organizer dan Ekspositori pada materi pokok teori penciptaan planet bumi; 2) Perbedaan retensi peserta didik antara yang menggunakan model Mnemonik dengan Ekspositori pada materi pokok teori penciptaan planet bumi; 3) Perbedaan retensi peserta didik antara yang menggunakan Model Advance Organizer dengan Ekspositori pada pada materi pokok teori penciptaan planet bumi; 4) Perbedaan retensi peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran Mnemonik dengan Advance Organizer pada materi pokok teori penciptaan planet bumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental research). Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu teknik pengambilan secara acak. Sampel yang terpilih adalah kelas X IPS 1, X IPS 2, X MIPA 5. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes dalam bentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial parametrik dengan uji hipotesis analisis varian satu jalan dan uji lanjut pasca anava (Scheffe’) dengan taraf signifikasi 5%. Berdasarkan analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut : (1) ada perbedaan retensi peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran Mnemonik, Advance Organizer dan Ekspositori, (2) hasil retensi yang menggunakan model pembelajaran Mnemonik lebih baik daripada hasil belajar model Ekspositori, (3) hasil retensi yang menggunakan model pembelajaran Advance Organizer lebih baik daripada hasil belajar model Ekspositori (4) hasil retensi yang menggunakan model pembelajaran Mnemonik lebih baik daripada hasil belajar model Advance Organizer. Kata Kunci : Advance Organizer, Mnemonik, Retensi Peserta Didik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 26 May 2016 08:53
    Last Modified: 26 May 2016 08:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26428

    Actions (login required)

    View Item