SUBSTITUSI KONSUMSI BAHAN BAKAR GENSET SKALA INDUSTRI KECIL DENGAN GAS HASIL GASIFIKASI TANAMAN ENERGI TUMBUH CEPAT (GAMAL DAN KALIANDRA)

Hardiansyah, Muhammad Faiz and Firdha, Jatsika and Navitri, Aulia Medista and Alfianto, Doni and Ishartono, Wahyu Nur (2016) SUBSTITUSI KONSUMSI BAHAN BAKAR GENSET SKALA INDUSTRI KECIL DENGAN GAS HASIL GASIFIKASI TANAMAN ENERGI TUMBUH CEPAT (GAMAL DAN KALIANDRA). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (45Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu energi alternatif di Indonesia yang sedang dikembangkan adalah energi biomassa. Indonesia memiliki sumber biomassa yang melimpah, sehingga potensi untuk dijadikan sebagai sumber energi sangat besar. Pengolahan biomassa salah satunya dapat dilakukan dengan proses gasifikasi. Proses gasifikasi biomassa merupakan proses konversi secara termo-kimia bahan biomassa padat menjadi bahan gas mempan bakar yang disebut sebagai gas produser. Gas produser yang dihasilkan dapat diaplikasikan sebagai sumber energi terbarukan, salah satunya sebagai pengganti bahan bakar tak terbarukan unit pembangkit istrik (generator). Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan sedang mengembangkan tanaman Kaliandra atau bunga merah. Pengembangan ini dilakukan untuk sumber energi biomassa. Berdasarkan prinsip biomassa, tanaman Kaliandra pun memiliki karakteristik tumbuh cepat, trubusan, produktivitas tinggi (sekitar 20ton/tahun/ha pada jarak tanam 1m x 1m), dapat tumbuh pada lahan kritis atau marginal, dan memiliki nilai kalor tinggi ± 4200kcal/kg. Oleh karena itu, tak lama lagi tanaman Kaliandra akan ditanam di beberapa wilayah, seperti di Kalimantan Timur dan Tambora. Untuk tahap awal, dapat dikatakan Dahlan memulai penanaman di 6 wilayah kemudian dikembangkan di 30 wilayah. Karakteristik gasifikasi kayu Gamal dan kayu Kaliandra perlu diketahui untuk memperoleh parameter-parameter gasifikasi yang penting dalam operasional unit gasifikasi. Dengan demikian diperoleh kondisi optimum proses gasifikasi kayu Gamal dan Kaliandra untuk menghasikan gas produser sebagai pengganti bahan bakar tak terbarukan umpan generator. Kata Kunci : Biomassa, Gasifikasi, Kaliandra, Gamal, Gas produser.

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 25 May 2016 23:35
    Last Modified: 25 May 2016 23:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26424

    Actions (login required)

    View Item