“WONDERFUL SIMO: STRATEGI PEMBERDAYAAN PENGERAJIN BAMBU SECARA PARTISIPATIF DALAM MENDORONG KEBERLANJUTAN PENGEMBANGAN KLUSTER INDUSTRI BAMBU DI DESA WALEN KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI”

Haji, Vicha Ardhea Puspa and Purnamasari, Lia Sparingga and Putri, Mentari Adhika and Az-Zahra, Hafiza Jasmine and Sukoco, Indrawan (2016) “WONDERFUL SIMO: STRATEGI PEMBERDAYAAN PENGERAJIN BAMBU SECARA PARTISIPATIF DALAM MENDORONG KEBERLANJUTAN PENGEMBANGAN KLUSTER INDUSTRI BAMBU DI DESA WALEN KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI”. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (80Kb) | Preview

    Abstract

    Desa Walen terletak di Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Hasil bambu di desa Walen melimpah ruah. Bambu tidak hanya tumbuh di hutan bambu saja akan tetapi juga dijumpai pada pekarangan rumah penduduk setempat. Penggunaan bambu sangat intens, untuk membangun rumah, kandang ternak, hingga dianyam untuk dijual guna mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari berkat kemampuan menganyam masyarakat yang sudah turun-temurun. Namun, semakin hari minat masyarakat luas akan produk bambu semakin pudar. Dengan ditemukannya industri modern, penggunaan bambu semakin dikesampingkan karena dianggap kuno. Harga produk hasil bambu pun juga dinilai murah sehingga dijumpai keadaan tingkat kesejahteraan masyarakat Desa Walen masih sangat rendah. Kegiatan ini diharapkan mampu mengenalkan potensi bambu Desa Walen kepada masyarakat luas sehingga mewujudkan Desa Walen sebagai Desa wisata bambu, sekaligus melestarikan bambu yang selama ini kurang diperhatikan. Luaran dari kegiatan ini adalah terpetakannya potensi bambu, terbentuknya paguyuban, terwujudnya media promosi dan kerjasama dengan berbagai pihak serta rekomendasi desain kawasan untuk memberikan rangsangan bagi pihak lain untuk mengunjungi Desa Walen dan melakukan kolaborasi dengan masyarakat sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 25 May 2016 23:06
    Last Modified: 25 May 2016 23:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26415

    Actions (login required)

    View Item