SINTESIS DAN KARAKTERISASI NANOKOMPOSIT TiO2/CARBON NANO TUBE (CNT) SEBAGAI SUPERKAPASITOR DENGAN METODE CHEMICAL VAPOR DEPOSITION (CVD)

Saptedi, Yusup Maulana and Murtadho, Achmad and Biyantoro, Dery and Putra, Muhamad Iqbal (2016) SINTESIS DAN KARAKTERISASI NANOKOMPOSIT TiO2/CARBON NANO TUBE (CNT) SEBAGAI SUPERKAPASITOR DENGAN METODE CHEMICAL VAPOR DEPOSITION (CVD). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (26Kb) | Preview

    Abstract

    Dengan makin maraknya pertumbuhan teknologi, kebutuhan alat penyimpan energi seperti baterai dan kapasitor sangat dibutuhkan sebagai komponen utama dari teknologi tersebut. Kapasitor dan baterai memiliki prinsip yang sama yaitu menyimpan energi, perbedaannya adalah baterai menyimpan energi secara kimiawi yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Perubahan energi listrik membutuhkan waktu, sehingga perlu beberapa jam untuk mengisi arus listrik. Sementara, kapasitor tidak butuh konversi energi kimia ke energi listrik. Listrik dapat diisikan jauh lebih cepat ke dalam kapasitor dibanding ke dalam baterai. Akan tetapi, kapasitor tidak dapat menyimpan energi listrik dalam waktu lama. Listrik dalam kapasitor bisa hilang dalam waktu hitungan detik. Superkapasitor merupakan alat penyimpan energi yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan baterai dan kapasitor konvensional, diantaranya adalah waktu hidup yang lebih lama, prinsip dan modelnya yang sederhana, waktu pengisian yang pendek, aman dan memiliki rapat daya yang tinggi yaitu 10-100 kali lipat lebih besar. Bahan elektroda dasar yang digunakan untuk kapasitor adalah karbon aerogel, nanofoam, nanotube, karbon aktif, logam oksida, dan polimer konduktif. Logam oksida Ru dan Ir menghasilkan kapasitansi spesifik yang sangat tinggi namun mahal dan sulit didapatkan. Bahan yang potensial digunakan dalam pembuatan superkapasitor adalah komposit dari nanomaterial Titanium Oksida (TiO2) dan carbon nanotube (CNT). Nanokristal TiO2 memiliki sifat kestabilan yang tinggi, memiliki nilai kelistrikan yang rendah, dan tahan terhadap korosi sehingga cocok digunakan sebagai elektroda. CNT sangat baik digunakan sebagai bahan elektroda untuk superkapasitor, karena struktur berongga yang unik, konduktivitas listrik yang baik, luas permukaan spesifik besar, porositas cocok untuk transportasi ion elektrolit. Pada penelitian ini nanokomposit TiO2/CNT diperoleh dengan metode Chemical Vapor Deposition (CVD). CVD paling mudah dilakukan dengan impuritas yang cukup rendah dan relatif lebih murah. Impuritas dapat diminimalkan dengan proses purifikasi carbon nanotube. Analisis menggunakan transmission electron microscopy (TEM) untuk mengetahui morfologi dari nanokomposit TiO2/CNT. Performa elektrokimia dari superkapasitor dapat dikarakterisasi menggunakan perhitungan Cyclic Voltammograms (CV) dan galvnostatic chargedischarge. Variasi variabel temperatur dan waktu optimum dari pertumbuhan nanokomposit TiO2/CNT diteliti lebih lanjut untuk bisa mendapatkan dielektrisitas yang tinggi pada superkapasitor. Keyword : Superkapasitor, Titanium Oksida (TiO2), Carbon Nanotube (CNT), Chemical Vapor Deposition (CVD)

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > TP Chemical technology
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 25 May 2016 23:02
    Last Modified: 25 May 2016 23:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26413

    Actions (login required)

    View Item