Perbedaan Persepsi Lingkungan Pembelajaran pada Mahasiswa Introvert dan Ekstrovert di Fakultas Kedokteran UNS

Maharani, Dewi Nur (2016) Perbedaan Persepsi Lingkungan Pembelajaran pada Mahasiswa Introvert dan Ekstrovert di Fakultas Kedokteran UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (128Kb) | Preview

    Abstract

    Dewi Nur Maharani, G0012059, 2016. Perbedaan Persepsi Lingkungan Pembelajaran pada Mahasiswa Introvert dan Ekstrovert di Fakultas Kedokteran UNS. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Latar Belakang:Suatu institusi pendidikan dapat dikatakan berkualitas apabila mampu memberikan lingkungan pembelajaran yang efektif sehingga mampu meluluskan dokter yang berkompeten. Persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya tipe kepribadian. Tipe kepribadian seorang mahasiswa akan menentukan variasi pola perilaku belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi lingkungan pembelajaran diantara kedua tipe kepribadian tersebut. Metode:Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pemilihan sampel diawali studi pendahuluan menggunakan kuesioner Eysenck Personality Inventory (EPI) pada sejumlah mahasiswa Program Studi Kedokteran UNS untuk mengetahui perbandingan jumlah mahasiswa dengan tipe kepribadian introvert dan mahasiswa dengan tipe kepribadian ekstrovert. Didapatkan hasil 2 : 3. Populasi mahasiswa Program Studi Kedokteran UNS adalah 932 mahasiswa. Teknik sampling menggunakan proportional stratified random sampling. Didapatkan besar sampel 276 mahasiswa. Selanjutnya sampel diberi kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Data yang didapatkan dianalisis dengan uji Mann-Whitney. Hasil:Dari hasil penelitian didapatkan perbedaan yang bermakna persepsi lingkungan pembelajaran antara mahasiswa introvert dan ekstrovert (p=0,001). Perbedaan yang bermakna terdapat pada subskala Student’s Perception of Learning(SPL, p=0,004), subskala Student’s Academic Self-Perceptions(SASP, p=0,000), subskala Student’s Perception of Atmosphere (SPA, p=0,003), dan subskala Student’s Social Self Perception (SSSP, p=0,001). Sedangkan, pada subskala Student’s Perception of Teachertidak didapatkan perbedaan bermakna (SPT, p=0,381). Simpulan Penelitian: Ada perbedaan persepsi lingkungan pembelajaran pada mahasiswa tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Kata Kunci: Persepsi lingkungan pembelajaran, tipe kepribadian introvert ekstrovert, mahasiswa kedokteran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 26 May 2016 14:07
    Last Modified: 26 May 2016 14:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26407

    Actions (login required)

    View Item